Anggaran Pembangunan IKN di 2025 Hanya Rp143 Miliar, Kok Bisa?

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 09:20 WIB
loading...
Anggaran Pembangunan...
Anggaran pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur dalam RAPBN 2025 disepakati hanya Rp143 miliar, Menkeu kasih penjelasan begini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Anggaran pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN di Kalimantan Timur dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara ( RAPBN ) 2025 disepakati hanya Rp143 miliar. Menteri Keuangan atau Menkeu, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dana pembangunan ibu kota baru pada tahun depan hanya batas bawah alias baseline.



Artinya diterangkan Menkeu, bakal ada penambahan dengan menyesuaikan kebutuhan pembangunan. Adapun kebijakan menambah nilai anggaran IKN ada di tangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo-Gibran.

“Karena semuanya dibaseline kan untuk memberikan otoritas kepada Presiden terpilih untuk tentukan sesuaikan dengan prioritas dengan kabinetnya. Tapi beberapa kelompok sudah ditentukan,” ujar Menkeu Sri Mulyani saat konferensi pers RAPBN 2024, Jumat (16/8/2024).

Dia mengaku, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto sudah sepakat soal alokasi dana pembangunan IKN di 2025. Termasuk penambahan nilainya tetap didasarkan pada kemampuan fiskal di tahun depan.

“Ini juga sama, kemarin Bapak Presiden terpilih dan Pak Jokowi sudah bertemu, sidang kabinet, dan punya komitmen, tapi beliau masih melihat seluruh APBN,” paparnya.



Mantan Direktur Keuangan Bank Dunia itu menjelaskan, tambahan alokasi juga dipertimbangkan pada beberapa infrastruktur penting, namun dengan catatan bisa menarik investasi.

“Nanti kita akan lihat ada tambahan lokasinya berapa, tapi beberapa infrastruktur penting untuk bisa menarik investasi akan jadi prioritas,” beber dia.

"Over all dari APBN ini, pemerintahan bisa berjalan, kalau mau nambah, itu domain pemerintahan baru. Memang enggak memuaskan, tapi ini kan transisi,” jelas Menkeu.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1611 seconds (0.1#10.140)