PwC China Dijatuhi Hukuman Buntut Sekongkol Penipuan dengan Evergrande

Kamis, 22 Agustus 2024 - 22:02 WIB
loading...
PwC China Dijatuhi Hukuman...
Auditor PwC China dijatuhi hukuman buntut sekongkol penipuan dengan pengembang properti yang bangkrut, Evergrande. FOTO/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Auditor PwC China dilaporkan telah mengumumkan kepada para kliennya bahwa mereka akan menerima larangan beroperasi selama enam bulan dari pihak berwenang China dan kemungkinan denda yang besar sebagai hukuman atas perannya dalam mengaudit pengembang properti yang bangkrut, Evergrande.

Financial Times melaporkan PwC diperkirakan akan dilarang melakukan aktivitas-aktivitas yang diatur di China seperti mengaudit hasil-hasil keuangan selama enam bulan mulai bulan September.

Pada Maret, regulator sekuritas Beijing mengatakan bahwa Evergrande, pengembang properti dengan utang terbesar di dunia sebelum bangkrut pada Januari telah menggelembungkan pendapatan hampir USD80 miliar pada 2019 dan 2020.

Baca Juga: Komandan Pasukan Khusus Akhmat Ramalkan Perang Ukraina Berakhir 3 Bulan Lagi

Evergrande diperintahkan untuk membayar denda sebesar USD580 juta atas dugaan penipuan. Pendirinya Hui Ka Yan ditahan oleh pihak berwenang pada September dan diperintahkan untuk membayar denda sebesar USD6,5 juta.

Kejatuhan Evergrande menyebabkan pengawasan terhadap PwC China, yang telah mengaudit akun pengembang properti tersebut selama 14 tahun hingga 2023. FT mengutip seorang mantan mitra yang tidak disebutkan namanya di PwC, yang memiliki lebih dari 20.000 karyawan di daratan China, yang mengatakan, "Para mitra saat ini siap menghadapi dampaknya."

PwC China adalah yang paling menonjol dari firma akuntansi empat besar sebuah istilah yang mencakup Deloitte, KPMG dan EY, yang beroperasi di China. Menurut Institut Akuntan Publik Bersertifikat China, PwC China menghasilkan pendapatan hampir 8 miliar yuan pada 2022.

Namun, dalam beberapa bulan terakhir, di tengah pengawasan yang semakin ketat terhadap hubungan PwC China dengan Evergrande, auditor ini telah kehilangan klien. Menurut Reuters, klien terbesarnya yang terdaftar di China daratan, Bank of China, mengatakan bahwa mereka berencana untuk beralih ke EY. China Life Insurance, China Telecom dan PICC juga telah membatalkan PwC sebagai klien.

Tindakan regulasi yang akan diambil oleh PwC China diperkirakan akan melampaui hukuman yang diterima tahun lalu oleh Deloitte, yang membayar denda sebesar USD31 juta dan ditangguhkan selama tiga bulan sehubungan dengan auditnya atas China Huarong Asset Management.

Baca Juga: Gulingkan Dolar AS, Lebih 50 Negara Bisa Terima Sistem Pembayaran BRICS

Melansir The Guardian, perusahaan-perusahaan milik negara di China pada umumnya dilarang mempekerjakan auditor dalam kurun waktu tiga tahun setelah seorang auditor menerima hukuman yang signifikan dari pemerintah.

Pada Februari tahun lalu dilaporkan bahwa Beijing telah menginstruksikan perusahaan-perusahaan milik negara untuk menghentikan kontrak dengan empat firma akuntan besar, karena pihak berwenang mencoba untuk mengatasi masalah keamanan dan mengekang pengaruh auditor yang terkait dengan negara barat.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1157 seconds (0.1#10.140)