PwC Kehilangan Klien Terbesar di China Buntut Skandal Evergrande

Sabtu, 24 Agustus 2024 - 19:22 WIB
loading...
PwC Kehilangan Klien...
PricewaterhouseCoopers LLP (PwC) telah kehilangan klien Bank of China buntut skandal Evergrande. FOTOReuters
A A A
JAKARTA - PricewaterhouseCoopers LLP (PwC) telah kehilangan klien terbesar di China dipicu penyelidikan pihak berwenang atas audit perusahaan tersebut dengan Evergrande Group yang dilanda skandal.

Bank of China salah satu dari empat pemberi pinjaman negara terbesar di negara tersebut mengatakan akan menyewa EY sebagai auditornya pada 2024 menggantikan PwC China. Caixin melaporkan bank ini juga akan menyewa perusahaan audit domestik BDO China Shu Lun Pan CPAs LLP sebagai auditor sekunder.

Bank of China bergabung dengan daftar perusahaan-perusahaan China yang memutuskan kontrak dengan PwC seiring dengan runtuhnya China Evergrande yang membuat pekerjaan auditor ini diragukan.

Pada Juni, dua perusahaan raksasa milik negara, PetroChina dan China Railway Group, mengatakan bahwa mereka telah memutuskan untuk berhenti bekerja sama dengan PwC, menyusul lima perusahaan lain yang telah melakukan hal yang sama pada bulan sebelumnya.

Selama dua tahun terakhir, puluhan perusahaan telah menghentikan penggunaan PwC sebagai auditor mereka atau membatalkan rencana untuk menggunakan jasa firma tersebut. Pada 2023, Bank of China membayar PwC sebesar 193 juta yuan ($27 juta) untuk biaya audit, yang menandai tahun ketiga berturut-turut dalam menggunakan jasanya.

Pada Maret, bank ini mengumumkan rencana untuk menunjuk kembali PwC sebagai auditor untuk tahun 2024. Namun, menurut pengajuan pada Juni, bank kemudian merevisi keputusannya memilih untuk mempertahankan PwC hanya untuk laporan jangka menengahnya sambil mencari auditor baru untuk masa depan.

Gelombang pemutusan kontrak ini terjadi ketika regulator sekuritas China memeriksa peran audit PwC untuk China Evergrande. Pada Juni, Komisi Regulasi Sekuritas China mengumumkan denda sebesar USD577 juta kepada anak perusahaan domestik utama China Evergrande, Hengda Real Estate Group, atas penerbitan obligasi yang curang dan melanggar peraturan pengungkapan informasi.

Regulator menemukan bahwa Hengda telah menggelembungkan pendapatan dan keuntungannya pada 2019 dan 2020 dengan mengakui penjualan di muka. Perusahaan ini diduga telah melebih-lebihkan pendapatan tahun 2019 sebesar 214 miliar yuan dan sekali lagi sebesar 350 miliar yuan pada tahun berikutnya.

Angka-angka yang digelembungkan tersebut mencapai setengah dari total pendapatan Hengda pada tahun 2019, dan 79% pada tahun 2020, menurut pernyataan tersebut. Hengda juga meningkatkan labanya sebesar 63% dan 87% pada tahun 2019 dan 2020.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)