Pimpinan MPR Jadi 10 Orang, Menkeu Siap Menambah Anggaran MPR

Jum'at, 04 Oktober 2019 - 13:44 WIB
Pimpinan MPR Jadi 10 Orang, Menkeu Siap Menambah Anggaran MPR
Pimpinan MPR Jadi 10 Orang, Menkeu Siap Menambah Anggaran MPR
A A A
JAKARTA - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) periode 2019-2024 resmi terpilih dengan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR. Dalam periode ini, jumlah pimpinan MPR bertambah 2 orang menjadi 10 pimpinan, dengan 1 orang ketua dan 9 wakil ketua. Periode sebelumnya, pimpinan MPR berjumlah 8 orang.

Seiring penambahan jumlah pimpinan MPR, maka dibutuhkan penambahan anggaran di MPR. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyatakan pihaknya siap untuk menyanggupi penambahan anggaran MPR jika memang diperlukan.

"Kalau memang sudah ada keputusannya, mereka (MPR) akan membuat formasi itu, ya kami tambahkan anggarannya," ujar Sri Mulyani di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Kendati demikian, Sri Mulyani tak menjelaskan lebih lanjut penambahan anggaran itu berasal dari pos anggaran apa dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020.

Dirinya hanya menjelaskan, dalam masa penyusunan APBN tahun 2020, pihak Sekretariat Jenderal MPR sudah menyampaikan kebutuhan anggaran dan telah disejutui. Adapun anggaran MPR yang disahkan dalam APBN 2020 sebesar Rp603,7 miliar.

Sri Mulyani menyatakan, pihaknya akan melihat alokasi anggaran tersebut mencukupi atau tidak terkait penambahan dua anggota MPR. Sehingga jika diperlukan tambahan anggaran maka Kemenkeu siap memenuhinya.

"Kalau kami tentu mengikuti apa yang diputuskan di dalam lembaga-lembaga tinggi negara, alat kelengkapan. Jadi nanti kami akan lihat dari alokasi yang ada di dalam," tandasnya.

Sekedar diketahui, melalui musyawarah mufakat antar fraksi dan kelompok DPD akhirnya memutuskan Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR dari fraksi Golkar. Kemudian sembilan Wakil Ketua MPR, yaitu Syarief Hasan Fraksi Partai Demokrat, Ahmad Basarah Fraksi PDI Perjuangan, Jazilul Fawaid Fraksi PKB.

Lalu ada Hidayat Nur Wahid Fraksi PKS, Zulkifli Hasan Fraksi PAN, Lestari Moerdijat Fraksi Partai NasDem, Ahmad Muzani Fraksi Partai Gerindra, Arsul Sani Fraksi PPP dan Fadel Muhammad dari unsur DPD.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2071 seconds (0.1#10.140)