Peringkat Daya Saing RI Merosot, Sri Mulyani Sebut karena Kualitas SDM

Jum'at, 11 Oktober 2019 - 13:46 WIB
Peringkat Daya Saing RI Merosot, Sri Mulyani Sebut karena Kualitas SDM
Peringkat Daya Saing RI Merosot, Sri Mulyani Sebut karena Kualitas SDM
A A A
TANGERANG - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan respons terkait penurunan peringkat daya saing Indonesia dalam laporan terbaru World Economics Forum (WEF) 2019. Terkait hal itu, Menkeu menekankan bakal fokus memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM).
(Baca Juga: Daya Saing RI Kalah Jauh dari Malaysia, BEI Masih OptimistisSeperti diketahui posisi RI turun lima peringkat menjadi urutan ke-50 dibanding tahun sebelumnya di posisi 45, seperti dilansir laporan WEF 2019. Sambung Sri Mulyani menyebutkan, sebenarnya Indonesia dalam survey tersebut terpantau mengalami perbaikan di sejumlah aspek.

"Kalau kita lihat dari world economic forum mengenai indikator yang positif seperti makro ekonomi kita sangat bagus, kalau kita lihat detailnya, yang mulai kita tangkap memang nilai kita untuk infrastrktur membaik. Tapi terkait inovasi, information technology communication memang nilainya tidak baik, termasuk human capitall," ujar Menkeu Sri Mulyani saat perayaan Hari Oeang Republik Indonesia (HORI) ke-73 di Pantai Tanjung Pasir, Tangerang, Jumat (11/10/2019).

Menurutnya, kekuatan utama Indonesia adalah ukuran pasarnya dan stabilitas makro ekonomi. Indonesia terang Menkeu, memiliki budaya bisnis yang dinamis dan sistem keuangan yang stabil dan tingkat adopsi teknologi yang tinggi.

"Masalah fundamental struktural di Indonesia yang memang selama ini pemerintah juga sudah menyampaikan, presiden menyatakan sumber daya manusia, di mana mayoritas hanya lulusan SD, SMP," jelasnya.

Dia menyebutkan, aspek yang paling berperan dalam penurunan daya saing global tersebut adalah masih rendahnya tingkat pendidikan sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. "Dan juga dari kualitas pendidikan yaitu hasil skor kalau dilihat entah itu bisa dari testnya, atau sisi talent managementnya, itu semuanya memang menunjukkan kemampuan kita untuk perlu ditingkatkan," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5058 seconds (0.1#10.140)