Pimpin 'Genk' Negara Selatan, China Iming-iming Utang Rp462 Triliun

Jum'at, 06 September 2024 - 07:25 WIB
loading...
A A A
"Kurangnya kapasitas regulasi di pihak Afrika dapat menyulitkan untuk terlibat secara efektif dengan para aktor ini, terutama jika ada kurangnya koordinasi," kata Kluiver.

Baca Juga: Soal Keputusan Indonesia Gabung BRICS, Menlu Retno: Ada di Tangan Prabowo

Pada Kamis, Xi juga berjanji untuk mendukung penerbitan obligasi berdenominasi yuan oleh negara-negara Afrika untuk mendukung kerja sama bilateral. Selain pinjaman kredit, Xi mengatakan bahwa China akan memberikan bantuan gratis senilai 1 miliar yuan kepada Afrika untuk melatih 6.000 personel militer dan 1.000 polisi di bawah Prakarsa Keamanan Global Beijing, yang mencakup latihan militer bersama.

"China bersedia membantu Afrika meningkatkan kemampuan untuk menjaga perdamaian dan stabilitas secara mandiri," ujar Xi.

Negara-negara yang menjadi target masih belum jelas. Kepada 33 negara kurang berkembang di Afrika, China akan menawarkan akses pasar yang lebih besar dengan menghapus tarif untuk produk-produk yang tidak ditentukan.

Bentuk dukungan lain, termasuk pembangunan fasilitas kejuruan untuk 60.000 siswa, 30 proyek infrastruktur di bawah Belt and Road Initiative guna meningkatkan konektivitas darat dan laut, 1 miliar yuan bantuan pangan darurat, dan bantuan untuk pengembangan usaha kecil dan menengah.
(nng)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0851 seconds (0.1#10.140)