Pemanasan Global Bikin Ekonomi Rusia Bertambah Rp99,9 Triliun per Dekade

Selasa, 10 September 2024 - 15:15 WIB
loading...
A A A
"Mengingat tren perubahan iklim saat ini, kita dapat mengatakan bahwa PDB tahunan Rusia akan meningkat sekitar 0,6 triliun rubel setiap sepuluh tahun," paparnya.

Menurut tim penelitian, manfaat utamanya berasal dari pertanian dan kehutanan, dan dari pengembangan Rute Laut Utara (NSR) – jalur air pelayaran yang membentang di sepanjang pantai Arktik Rusia dari Murmansk ke Selat Bering dan Timur Jauh.

"Banyak industri terlibat dalam pekerjaan NSR – sebuah mega-proyek, yang perkembangannya terkait dengan perubahan iklim," nulis makalah itu mencatat dengan, mengacu pada penipisan dan pencairan es yang telah membuat koridor timur-barat lebih layak.

Para peneliti juga mendesak langkah-langkah untuk mengurangi potensi risiko dari perubahan iklim. Termasuk di dalamnya yakni pengembangan lebih lanjut dari sistem perawatan kesehatan dan "mekanisme untuk pembiayaan adaptasi dan asuransi," serta perlindungan ekosistem, bangunan, dan struktur dari situasi darurat.

Rusia adalah negara terbesar di dunia, tetapi sekitar dua pertiga wilayahnya diperkirakan bertumpu pada lapisan es. Hasil studi juga menyebutkan langkah-langkah prioritas utama yang ditetapkan untuk mengurangi dampak degradasi permafrost akibat perubahan iklim.

Semuan itu termasuk pengembangan "praktik stabilisasi termal tanah," dan "penyediaan fasilitas penyimpanan sementara untuk kelebihan air, pembangunan dan penguatan bendungan, (serta) penguatan bangunan dan struktur."
(akr)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1440 seconds (0.1#10.140)