Kemenhub Gelar Hub Space 2024, Intip Sederet Keseruannya

Rabu, 11 September 2024 - 13:10 WIB
loading...
Kemenhub Gelar Hub Space...
Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menggelar Hub Space 2024 dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional, intip sederet keseruannya. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan ( Kemenhub ) kembali menggelar Hub Space 2024 dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional . Mengusung tema 'Integrated Mobility for All', acara ini berlangsung selama dua hari pada 6-7 September 2024 di JIExpo Kemayoran. Prosesi pembukaan dilakukan dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Ma'ruf Amin.

Hub Space merupakan persembahan Kementerian Perhubungan RI (Kemenhub) dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional 2024. Prosesi pembukaan dilakukan dengan pemukulan gong oleh Ma'ruf Amin. Ma'ruf Amin memukul gong sebanyak tiga kali sebagai tanda acara Hub Space 2024 resmi dibuka.

Ma'ruf Amin menuturkan, gelaran Hub Space mencerminkan komitmen yang kuat untuk menghadirkan sistem transportasi yang efisien, modern, inklusif, dan terintegrasi.

"Pemerintah daerah bertanggung jawab mulai dari perencanaan, pengelolaan, hingga pengendalian kemacetan. Menghadapi ragam tantangan di sektor transportasi yang semakin kompleks tersebut, Pemerintah melakukan berbagai upaya penting untuk memajukan transportasi dan konektivitas di Indonesia. Salah satunya adalah pengembangan infrastruktur transportasi massal untuk mengurangi kemacetan, memperbaiki kualitas udara, dan mempermudah mobilitas masyarakat," kata Ma'ruf Amin saat Opening Ceremony Hub Space 2024, Jumat (6/9/2024).

Sementara itu dalam sambutannya, Menteri Perhubungan atau Menhub Budi Karya Sumadi melaporkan kinerja jajarannya selama 10 tahun terakhir. Dia mengatakan sudah menuntaskan amanah penyelenggaraan transportasi Indonesia-sentris sesuai visi misi Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin.

"Kami laporkan bahwa Hub Space sebuah kegiatan yang bertujuan menyampaikan pencapaian sektor transportasi serta memberikan apresiasi kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi besar terhadap kepentingan transportasi. Dan tahun ini Hub Space semakin istimewa karena, berkat kerja sama seluruh stakeholder, kita semua telah berhasil menuntaskan amanah penyelenggaraan transportasi sesuai amanah visi misi Presiden dan Wakil Presiden di 10 tahun ini, yaitu utamanya membangun Indonesia-sentris," kata Budi.

Kunjungan Wapres ke Hub Expo

Selepas Opening Ceremony, Wapres bersama Menhub turut berkeliling Hub Expo untuk melihat langsung ragam inovasi yang dihadirkan para stakeholder perhubungan antara lain, Pelindo, Angkasa Pura, Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT), Pertamina International Shipping (PIS) hingga Kementerian Perhubungan. Menggunakan batik coklat, Ma’ruf terlihat menyempatkan diri berbincang terkait capaian yang telah dilakukan perusahaan tersebut.



Tak kalah menarik dari tahun lalu, Hub Expo kali ini diikuti oleh lebih dari 30 stakeholder. Mereka menampilkan berbagai capaian dan inovasi yang mendukung sektor transportasi. Beberapa stakeholder bahkan menghadirkan permainan bagi para pengunjung. Misalnya, game Virtual Reality di booth Angkasa Pura, game boxing di booth KAI Commuter atau spin wheel berhadiah di booth PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1692 seconds (0.1#10.140)