MSIN Tuntaskan Akuisisi RAAM, Investasi Strategis di Industri Hiburan

Jum'at, 13 September 2024 - 08:46 WIB
loading...
MSIN Tuntaskan Akuisisi...
PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) berhasil menyelesaikan investasi strategis di PT Tripar Multivision Tbk (RAAM). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN) berhasil menyelesaikan investasi strategis di PT Tripar Multivision Tbk (RAAM). Akuisisi ini menggarisbawahi keyakinan Perseroan terhadap masa depan industri hiburan dan dedikasi untuk memperluas operasinya di pasar Indonesia.

Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengatakan akuisisi RAAM oleh MSIN merupakan pencapaian penting dalam upaya kami untuk memperluas operasi MSIN di sektor media dan hiburan Indonesia.

"Saya, dalam beberapa kesempatan memiliki pengalaman yang baik dalam berkolaborasi dengan Raam Punjabi, membangun kemitraan yang kuat selama bertahun-tahun," ujar Hary dalam keterangan resmi, Jumat (13/9/2024).

Baca Juga: MNC Digital Entertainment Tingkatkan Aksesibilitas Konten di RCTI+

Hary Tanoesoedibjo menyambut baik kolaborasi dengan RAAM melalui akuisisi ini. Bersama-sama, MSIN akan berusaha untuk lebih meningkatkan kepemimpinan tidak hanya di Indonesia tetapi juga di luar negeri.

"RAAM terkenal karena selalu menetapkan tren dan dapat mengantisipasi masa depan hiburan, dan kami ingin terus mendorong pertumbuhan industri kreatif bersama mereka," tutur Hary.

Bersama RAAM, MSIN berharap dapat mengeksplorasi peluang baru, meningkatkan sinergi, dan terus memberikan pengalaman hiburan yang tak tertandingi kepada pemirsa lokal dan internasional.

Kolaborasi strategis pasca-akuisisi meliputi;

1. Produksi Konten: Expertise gabungan akan memungkinkan kedua perusahaan untuk mendominasi pembuatan dan delivery konten di semua platform media: TV free-to-air (FTA), TV berbayar, media sosial,
OTT, dan bioskop.

2. Efisiensi Biaya: Memanfaatkan Movieland sebagai fasilitas produksi utama akan mengurangi biaya
produksi secara signifikan.

3. Shared Expertise: MSIN dan RAAM masing-masing adalah pemimpin di industri FTA TV dan bioskop. Dengan berbagi keahlian, kedua perusahaan akan meningkatkan kualitas penawaran mereka ke
depannya.

4. Monetisasi yang Beragam: Sebagai bagian dari MNC Media & Entertainment, MSIN akan menawarkan peluang monetisasi tambahan untuk konten RAAM di TV FTA, TV Berbayar, OTT, dan media sosial.
Sebaliknya, bioskop milik RAAM di Indonesia akan memberi MSIN lebih banyak peluang untuk memonetisasi film-filmnya melalui perilisan film.

5. Inisiatif Kolaboratif Lainnya: Kolaborasi lebih lanjut dalam pemasaran, promosi, dan operasi akan menghasilkan manfaat bagi MSIN dan RAAM.

Sebagai informasi, MSIN berada dalam industri konten dan hiburan digital, memiliki portofolio konten yang kuat, mencakup berbagai genre termasuk drama, infotainment, reality show, dan animasi. Dikenal karena produksi konten FTA-nya yang produktif, MSIN juga membuat langkah signifikan dalam memproduksi film sinematik dan
produksi orisinil untuk platform OTT.

Baca Juga: Laba Bersih MSIN Naik 24% Jadi Rp306 Miliar di Semester I-2024

Melengkapi keunggulan konten, dengan Movieland, fasilitas produksi outdoor seluas 21 hektar di SEZ MNC Lido City. Fasilitas canggih ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas konten tetapi juga meningkatkan efisiensi produksi, yang menggarisbawahi komitmen MSIN terhadap inovasi dan keunggulan yang berkelanjutan.

Performa MSIN yang besar di media sosial, mencakup berbagai platform terkemuka seperti Facebook, YouTube, dan TikTok melalui berbagai saluran, termasuk jaringan multi-saluran (MCN), semakin mengkokohkan statusnya sebagai pelopor dalam lanskap hiburan digital. Hingga Agustus 2024, Perseroan memiliki 607,5 juta subscribers/followers dan 113,7 miliar views, dengan rata-rata 1,5 miliar views setiap bulan.

Dalam bisnis digitalnya, Perseroan telah menyederhanakan operasi portal onlinenya, yang secara kolektif menarik sekitar 40,8 juta pengguna aktif bulanan (MAU), di bawah iNews Media Group untuk meningkatkan sinergi dan efektivitas di antara seluruh unit usaha MNC Media & Entertainment.

Perseroan mengoperasikan 2 aplikasi OTT superapp, RCTI+ (AVOD) dan Vision+ (SVOD), yang secara kolektif memiliki lebih dari 110 juta pengguna aktif bulanan dengan lebih dari 2,8 juta pelanggan berbayar. Dengan dimulainya EURO 2024 pada akhir Juni hingga Juli, performa ini akan meningkat secara signifikan dalam waktu dekat.

Di sisi RAAM, Setelah berhasil mencatatkan sahamnya di BEI pada bulan Mei 2023 terus berkembang dan mencapai kinerja yang luar biasa hingga saat ini. Perusahaan ini berdiri sebagai salah satu kontributor utama dalam lanskap hiburan Indonesia, diakui atas perannya sebagai produsen konten dan distributor konten terkemuka. Reputasi RAAM dalam kemahirannya yang tak tertandingi dalam menciptakan karya sinematik yang memikat penonton di seluruh negeri.

Di luar usaha sinematiknya, RAAM juga menciptakan serial web yang menarik dan konten drama untuk FTA TV. RAAM terus membuat terobosan baru dalam industri media, yang merupakan lambang keunggulannya dalam produksi hiburan Indonesia.

Sejak didirikan, RAAM telah menorehkan pencapaian yang mengesankan di dunia hiburan, dengan memproduksi lebih dari 15.000 jam serial televisi dan lebih dari 650 film. Hasil yang produktif ini menyoroti dampak positif RAAM pada lanskap media Indonesia.

Dengan beragam narasi yang menarik, mencakup berbagai genre dan format, RAAM terus meningkatkan pengalaman sinematik yang baik bagi penonton. Selain memproduksi dan mendistribusikan konten, RAAM juga memiliki lisensi bioskop yang memungkinkan RAAM untuk beroperasi di 13 lokasi di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)