Pemerintah Minta Netflix Bayar Pajak

Senin, 18 November 2019 - 20:37 WIB
Pemerintah Minta Netflix Bayar Pajak
Pemerintah Minta Netflix Bayar Pajak
A A A
JAKARTA - Pemerintah dalam hal ini Kementerian Keuangan (Kemenkeu) akan memaksa penyedia jasa layanan video on demand, Netflix, untuk membayar pajak di Indonesia. Hal ini juga mengingat layanan video on demand semakin menjamur, lantaran kini masyarakat lebih menyukai menonton secara streaming.

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Suryo Utomo menyatakan, segala produk dan jasa yang berasal dari luar negeri namun dikonsumsi dalam negeri harus terdaftar sebagai wajib pajak.

"Terkait dengan beberapa perusahaan asing yang beroperasi di Indonesia, konteksnya bila memang dia memenuhi syarat sebagai BUT (Bentuk Usaha Tetap), kami memang meminta mereka mendaftarkan diri (sebagai wajib pajak)," ujar Suryo dalam konferensi pers di Gedung Kemenkeu, Jakarta, Senin (18/11/2019).

Dia melanjutkan, dalam aturan tentang perpajakan, salah satu syarat menjadi BUT adalah memiliki bangunan secara fisik di Indonesia. Oleh sebab itu, Suryo menyatakan, pemerintah sedang berupaya untuk bisa menarik pajak dari Netflix dan sejenisnya yang belum berkategori BUT.

"Kami akan terus menguji apakah mereka memang memiliki eksistensi di Indonesia. Beberapa sudah kami minta daftar. Dalam dua bulan ke depan ini, kami melihat denyut untuk kegiatan usaha seperti itu bertambah," jelasnya.

Salah satu upaya yang juga dilakukan pemerintah yakni dengan menyusun rancangan undang-undang (RUU) yang akan menggantikan UU Nomor 28 Tahun 2007 tentang Ketentuan dan Fasilitas Perpajakan untuk Penguatan Perekonomian.

Dalam aturan baru yang diusulkan tersebut akan mengakomodir semua UU pajak, seperti Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), hingga Ketentuan Umum Perpajakaan (KUP). Nantinya konsep pengenaan pajak tidak harus berbentuk BUT, tetapi berdasarkan aktivitas bisnisnya di Indonesia. "Kami memang fokus dan lihat secara spesifik terkait perusahaan-perusahaan yang seperti itu," tandasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5913 seconds (0.1#10.140)