Komitmen pada Keberlanjutan, Arkara Energi Raih Penghargaan

Senin, 23 September 2024 - 15:26 WIB
loading...
Komitmen pada Keberlanjutan,...
Dengan capaian produksi batu bara sebesar 1,4 juta ton pada 2023, Arkara Energi tetap memegang teguh prinsip keberlanjutan dan tanggung jawab sosial sebagai bagian dari strategi perusahaan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Arkara Energi , sebuah perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan batu bara di Kalimantan Timur, menunjukkan komitmen kuat terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) . Dedikasi Arkara Energi mengantarkannya pada penghargaan Mata Lokal Award untuk kategori Excellence in Environment Mixed Media Campaign yang diterima 17 Mei 2024 lalu.

Penghargaan ini menjadikan Arkara Energi, satu dari 17 brand dan 5 instansi pemerintah yang patut diapresiasi berkat karya berdampak sebagai mitra yang telah bersama-sama berkolaborasi dengan lokal, menyoroti peran penting serta campaign Arkara Energi dalam mengelola dampak operasional pertambangannya terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.



Dalam menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) dan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, Arkara Energi berupaya memenuhi kewajiban yang diatur dalam Kepmen ESDM Nomor 1824 K/30/MEM/2018.

Dengan capaian produksi batu bara sebesar 1,4 juta ton pada 2023, Arkara Energi tetap memegang teguh prinsip keberlanjutan dan tanggung jawab sosial sebagai bagian dari strategi perusahaan.



Direktur Arkara Energi, Ivan Victor Salim menekankan, bahwa perusahaannya terus memberikan kontribusi yang nyata untuk kesejahteraan masyarakat di sekitar tambang. "Sebagai perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan batu bara, Arkara Energi terus mengedepankan komitmennya untuk terus memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar tambang melalui sejumlah program tanggung jawab sosial," kata Ivan.

Komitmen ini mempertegas peran Arkara Energi sebagai pelaku industri yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan, tetapi juga keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat.

Sebar Kebermanfaatan

Arkara Energi mengelola area tambang di Kecamatan Rantau Pulung, Provinsi Kalimantan Timur dan secara konsisten telah menyalurkan dukungan ke berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, hingga lingkungan.

"Bentuk tanggung jawab sosial yang dilakukan Arkara Energi di berbagai bidang. Mulai dari bidang pendidikan, kesehatan, kemandirian ekonomi, sosial budaya, lingkungan, organisasi kelembagaan komunitas masyarakat, hingga pembangunan infrastruktur desa sekitar tambang," ungkap Ivan.

Arkara Energi berkontribusi pada kemandirian ekonomi masyarakat dengan meningkatkan kapasitas dan akses UKM serta melibatkan warga dalam pengembangannya. Di bidang sosial budaya, perusahaan memberikan bantuan untuk sarana ibadah, kegiatan keagamaan, seni budaya, dan bencana alam.

Sedangkan di sektor lingkungan, Arkara Energi memberdayakan warga untuk berpartisipasi dalam pengelolaan lingkungan dan turut membangun infrastruktur seperti jembatan dan perbaikan jalan di sekitar tambang.

Berbagai langkah tersebut menunjukkan bahwa selain fokus pada usaha pertambangan batu bara dan mineral, Arkara Energi tak lupa untuk mengedepankan Social and Environment Awareness.

Ke depannya, Arkara Energi juga akan terus melanjutkan komitmennya dalam menyediakan solusi energi efisien dan ramah lingkungan yang fokus pada inovasi dan keberlanjutan dalam rangka mendukung transisi energi di Indonesia.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1238 seconds (0.1#10.140)