alexametrics

9 Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia

loading...
9 Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia
Transportasi kereta bawah tanah (subway) kini telah menjadi moda transportasi pilihan kota-kota metropolitan di dunia yang masyarakatnya beraktivitas dengan mobilitas tinggi. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
TRANSPORTASI kereta bawah tanah (subway) kini telah menjadi moda transportasi pilihan kota-kota metropolitan di dunia yang masyarakatnya beraktivitas dengan mobilitas tinggi. Tidak diketahui secara pasti siapa awalnya yang mengembangkan moda transportasi modern ini. Namun demikian setidaknya ada 9 negara yang memiliki sistem kereta bawah tanah tertua di dunia.

1. London Underground

9 Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia




Dibuka : 10 Januari 1863
Negara : Inggris
Jumlah stasiun : 270 stasiun
Panjang lintasan : 250 mil garis
Penumpang per tahun : 1,3 miliar

Sistem kereta bawah tanah tertua dan dinilai sukses dimulai di London. London Underground sering disebut sebagai "Tube" yang mengacu pada mesin bor melingkar dan gaya konstruksi yang membuat desain jalur transit lebih efisien. Kondisi kota yang padat, tidak bersih, dan kebutuhan orang untuk mendapatkan tempat kerja membuat kebutuhan akan alat transportasi bon darat menjadi kebutuhan vital saat itu. London Underground menjadi jawabannya.

2. Budapest Metro

9 Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia


Dibuka : tahun 1896
Negara : Hongaria
Jumlah stasiun : 48 stasiun
panjang lintasan : 24,5 mil garis
Penumpang per tahun : 409 juta

Metro Budapest disebut-sebut merupakan jalur kereta listrik bawah tanah pertama di Benua Eropa yang dinilai sukses. Pada awal sistem transit metro dibuka, Hongaria merayakan ulang tahunnya yang ke-1000, sehingga jalur angkutan bawah tanah ini dijuluki sebagai Millennium Underground.

3. Glasgow Subway

9 Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia


Dibuka : 14 Desember 1896
Negara : Skotlandia
Jumlah stasiun : 15 stasiun
Panjang lintasan : 10,5 mil garis
Penumpang per tahun : 39.980 per hari

Sistem kereta bawah tanah Glasgow unik karena mencakup garis yang relatif kecil. Trek yang digunakan pada awalnya merupakan bagian dari sistem kereta api kabel. Di luar London, Glasgow Subway adalah satu-satunya sistem transit utama yang beroperasi di bawah tanah di Inggris Raya. Tidak seperti London's Underground, seluruh sistem subway Glasgow mengoperasikan kereta di bawah tanah.4. Paris Metro

9 Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia


Dibuka : 19 Juli 1900
Negara : Prancis
Jumlah stasiun : 300 stasiun
Panjang lintasan : 133 mil trek
Penumpang per tahun : 39.980 per hari
Seperti Menara Eiffel yang dibangun untuk Pameran Dunia di City of Lights, jalur kereta bawah tanah pertama dibuka pada Pameran Dunia yang Adil di Paris World Fair. Stasiun awalnya dirancang untuk mencerminkan ini dengan gaya seni yang masih dibawa sampai hari ini khususnya di beberapa pintu masuk. Saat ini, tiga pintu masuk atau keluar artistik paling indah yang tersisa dapat ditemukan di Porte Dauphine, Place Sainte-Opportune, dan Chatelet.
5. New York City Subway

9 Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia


Dibuka : 27 Oktober 1904
Negara : Amerika Serikat (AS)
Jumlah stasiun : 472 stasiun
Panjang lintasan : 850 mil trek
Penumpang per tahun : 1,7 miliar

Sistem Kereta Bawah Tanah New York merupakan salah satu subway yang buka 24 jam sehari. Penemu di balik keberadaan subway Ne York adalah seorang pria bernama Alfred Ely Beach yang di kemudian hari membuat Sistem Kereta Bawah Tanah New York dianggap salah satu moda transportasi yang sukses.

6. Buenos Aires Underground

9 Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia


Dibuka : 1 Desember 1913
Negara : Argentina
Jumlah stasiun : 104 stasiun
Panjang lintasan : 38,1 mil garis
Penumpang per tahun : 1,2 juta per hari

Sistem transit metro ini adalah yang tertua dari jenisnya di Amerika Latin. Kereta kayu asli yang beroperasi selama sekitar satu abad di Argentina baru saja diganti pada 2013 dengan opsi lebih modern terinspirasi teknologi China sehingga membuat Buenos Aires Underground lebih nyaman digunakan.

7. Tokyo Subway

9 Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia


Dibuka : 30 Desember 1927
Negara : Jepang
Jumlah stasiun : 285 stasiun
Panjang lintasan : 189 mil jalur
Penumpang per tahun : 8,7 juta per hari
Mungkin Tokyo Subway merupakan sistem kereta bawah tanah cepat paling sopan. Para penumpang disarankan tidak menggunakan telepon genggam dan juga menahan diri untuk tidak berbicara saat berada di dalam kereta. Ketika jam sibuk datang hampir di semua gerbong kereta penuh sesak.
8. Moscow Metro

9 Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia


Dibuka : 15 Mei 1935
Negara : Rusia
Jumlah stasiun : 245 stasiun
Panjang lintasan : 260,3 mil garis
Penumpang per tahun : 2,4 miliar
Setelah sistem transit Moskow kali pertama dibuka, diktator Joseph Stalin disebut sebagai penumpang pertama di Moscow Metro. Stasiun kereta bawah tanah Moskow menampilkan beberapa karya desain arsitektur paling indah, beberapa dirancang dengan lukisan dinding, mosaik, dan bahkan lampu gantung atau fitur pencahayaan bawah tanah besar lainnya yang membuat Anda lupa bahwa sedang berada dalam kegelapan di bawah permukaan bumi.
9. Beijing Subway

9 Sistem Kereta Bawah Tanah Tertua di Dunia


Dibuka : 1 Oktober 1969
Negara : China
Jumlah stasiun : 370 stasiun
Panjang lintasan : 377,9 mil garis
penumpang per tahun : 3,78 miliar
Beijing Subway saat ini mungkin menjadi salah satu yang modern dan tersibuk di dunia dengan rata-rata sekitar 10 juta penumpang setiap hari. Stasiun-stasiun yang sekarang ramai ini telah direncanakan untuk dibangun hampir dua dekade sebelumnya dan dimaksudkan semata-mata untuk pertahanan dan bukan sebagai sarana untuk mengangkut publik.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak