Mata Uang BRICS Ancam Dominasi Dolar AS dalam Perdagangan Minyak dan Perbankan Global

Selasa, 01 Oktober 2024 - 16:12 WIB
loading...
Mata Uang BRICS Ancam...
Mata uang BRICS mengancam dominasi dolar AS dalam perdagangan minyak dan perbankan global. FOTO/iStock Photo
A A A
JAKARTA - Di tengah rumor mengenai mata uang BRICS yang sedang berkembang, seorang ahli telah memperingatkan bahwa perkembangan seperti itu dapat mengancam dominasi dolar AS di sektor minyak dan perbankan global. Secara khusus, Nasdaq telah mengeluarkan peringatan komprehensif mengenai dampak dari mata uang alternatif BRICS terhadap dolar AS.

Aliansi ekonomi ini telah berdiri teguh dalam upaya dedolarisasi. Selama beberapa tahun terakhir, blok ini telah merangkul cara-cara untuk meningkatkan penggunaan mata uang lokal untuk mengurangi ketergantungan internasional pada Barat. Upaya menuju dunia multipolar dapat dipercepat melalui KTT BRICS 2024 di Kazan, Rusia mendatang.

Baca Juga: Banyak Anggota ASEAN Kepincut BRICS, Jepang Khawatir

Nasdaq menegaskan pertumbuhan blok BRICS telah menjadi faktor geopolitik yang sangat besar dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2023, blok ini memberlakukan upaya ekspansi pertamanya sejak tahun 2001. Secara khusus, aliansi ini menyambut Uni Emirat Arab (UEA), Mesir, Iran, dan Ethiopia ke dalam aliansi. Hal ini membuat blok ini mencapai total sembilan negara karena berusaha memperbesar perannya dalam ekonomi global.

Hal ini dapat mengambil langkah besar ke depan tahun ini. Memang, blok ini dilaporkan ingin memulai debut sistem pembayaran berbasis blockchain barunya pada 2024. Selain itu, ada laporan bahwa mata uang perdagangan mungkin akan segera hadir. Debut seperti itu akan berdampak besar pada keuangan global, seorang ahli memperingatkan.

Penciptaan mata uang BRICS dapat mengancam dominasi dolar AS dalam minyak dan perbankan global, Nasdaq memperingatkan. Memang, bursa saham ini mengidentifikasi tujuh area yang dapat mengalami perubahan besar jika negara-negara selatan mengembangkan mata uang. Khususnya, dalam hal bagaimana sektor-sektor ini bergantung pada greenback.

Baca Juga: Israel Luncurkan Invasi Darat, Tentara Lebanon Pilih Mundur

Menurut laporan terbaru dari Bursa AS, mata uang BRICS juga dapat mempengaruhi komoditas, perdagangan internasional, teknologi, pariwisata, dan pasar valuta asing.

"Pergeseran potensial ke arah mata uang BRICS yang baru dapat memiliki implikasi yang signifikan terhadap ekonomi Amerika Utara, dan operasi investor di dalamnya," dikutip dari laporan bursa tersebut dari WatcherGuru, Selasa (1/10/2024). "Mata uang BRICS yang baru juga akan memperkenalkan pasangan perdagangan baru."

Selain itu, mereka juga menyatakan bahwa mata uang ini akan mempengaruhi volatilitas pasar yang mengharuskan para investor untuk memikirkan kembali strategi-strategi mereka. Secara keseluruhan, ini akan memberikan guncangan besar pada pasar keuangan global.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0849 seconds (0.1#10.140)