10 Tahun Kepemimpinan Jokowi, Kereta Api Indonesia Lebih Maju dan Modern

Kamis, 10 Oktober 2024 - 17:51 WIB
loading...
A A A
"Kita akan evaluasi maksimal agar itu tidak terjadi lagi, saya minta maaf atas kejadian itu," ujarnya.

Pada akhirnya pun proyek tersebut diresmikan pada 15 Juli 2018 oleh Presiden Jokowi. Proyek tersebut menelan biaya Rp12,5 triliun.

LRT Jabodebek

Selanjutnya adalah LRT Jabodebek yang diresmikan Presiden Jokowi pada 28 Agustus 2023. Sebelum peresmiannya, Kepala Negara juga berulang kali menjajal LRT Jabodebek.

Transportasi ini pun menjadi alternatif masyarakat. Pasalnya ada 18 stasiun yang akan melayani pelanggan LRT Jabodebek, yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, Cawang, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

Dalam setahun beroperasi, jumlah pengguna LRT Jabodebek mencapai total 17.112.903 pengguna.

Manager Public Relations LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan puncak jumlah pengguna tertinggi terjadi pada bulan Juli 2024 mencapai 2.027.272 pengguna.

"Dukungan masyarakat merupakan motivasi kami untuk terus memberikan yang terbaik,” ujar Mahendro

Tidak berhenti di sini, proyek LRT Jabodebek pun akan diteruskan ke Kota Bogor. Hal tersebut lantaran sudah tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 49 Tahun 2017 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2015 Tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/light Rail Transit Terintegrasi di Wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal mengatakan bahwa dalam kajian ataupun pembahasan dengan stakeholder terkait terdapat tiga opsi lokasi stasiun LRT Jabodebek di Bogor, di antaranya di kawasan Baranangsiang, di kawasan Ciawi, dan kawasan Tanah Baru.
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0953 seconds (0.1#10.140)