Investor China Berharap Stimulus Baru Rp4.378 Triliun Cair Pekan Ini

Rabu, 16 Oktober 2024 - 11:47 WIB
loading...
Investor China Berharap...
Investor dan analis memperkirakan China bakal mengucurkan stimulus fiskal terbaru Rp4.378 triliun, ketika Beijing sedang berusaha menopang ekonomi terbesar kedua di dunia. Foto/Dok
A A A
BEIJING - Investor dan analis memperkirakan China bakal mengucurkan stimulus fiskal terbaru senilai USD283 miliar atau setara Rp4.378 triliun (kurs Rp15.470 per USD), ketika Beijing sedang berusaha menopang ekonomi terbesar kedua di dunia dan meningkatkan kepercayaan.

Mayoritas dari 23 pelaku pasar yang disurvei oleh Bloomberg, menyakini Menteri Keuangan China bakal mengumumkan stimulus jumbo tersebut pada akhir pekan ini. Sebagian besar responden mengharapkan pendanaan dalam bentuk obligasi pemerintah.



Di luar jumlah paket fiskal apapun, target dukungan akan menunjukkan di mana pemerintah ingin mengarahkan ekonominya setelah bertahun-tahun ekspansi yang didorong oleh utang melalui investasi, terutama di real estate dan infrastruktur.

"Stimulus harus multi-tahunan dan ditargetkan menyasar rumah tangga dan tidak memulai kembali kisah pertumbuhan yang dipimpin oleh investasi real estate," kata Pushan Dutt, profesor ekonomi di INSEAD.

"Ini membuat fokus stimulus lebih penting daripada ukuran," ungkapnya.

Konferensi pers akhir pekan, pemerintah akan memperkenalkan langkah-langkah untuk memperkuat kebijakan fiskal, ketika investor menilai seberapa jauh pihak berwenang berencana melangkah. Para pejabat juga merencanakan pengarahan pada hari Senin untuk meningkatkan dukungan kepada perusahaan.

China diketahui sudah memangkas suku bunga dan meningkatkan dukungan untuk pasar properti dan saham dalam rentetan langkah yang diumumkan akhir September. Tetapi investor masih terus teriak untuk intervensi fiskal yang diyakini para ekonom sangat penting untuk mengangkat kepercayaan.

"Lembaga pemerintah sekarang diharapkan bisa merasakan denyut nadi pasar sebelum menerbitkan kebijakan," kata Ding Shuang, chief economist for Greater China and North Asia at Standard Chartered Plc.

"Mereka harus menghindari membiarkan ekspektasi naik dan jatuh untuk memberikan pukulan pada sentimen pasar," sambungnya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)