Awas! Kasus Covid Terus Melejit, Bikin RI Terlempar ke Jurang Resesi

Senin, 31 Agustus 2020 - 16:35 WIB
loading...
Awas! Kasus Covid Terus Melejit, Bikin RI Terlempar ke Jurang Resesi
Positif Covid-19 Terus Melejit Jadi Faktor RI Terlempar ke Jurang Resesi. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tantangan ekonomi Indonesia bukannya semakin mudah tapi justru akan semakin berat karena pembukaan ekonomi dipaksakan seiring melonjaknya kasus positif Covid-19. Terus melonjaknya angka kasus positif Covid-19 akan mementahkan program-program pemulihan ekonomi yang dijalankan pemerintah sehingga berpotensi besar masuk jurang resesi .

"Kita lihat pada kuartal III 2020 ekonomi terkoreksi, ancaman resesi juga sudah di dasar, karena kasus positif Covid-19 terus terjadi dan menagalami peningkatan," ujar Pengamat ekonomi A. Prasetyantoko, saat rapat dengan Komisi VI di Gedung DPR, Jakarta, Senin (31/8/2020).



Menurut Indonesia masuk ke jurang resesi sudah di depan mata menyusul negara lain yang mengalami hal serupa. Belum lagi, dunia akan menghadapi dahsyatnya pandemi Covid-19 gelombang ke dua.

Ia menandaskan, memang ekonomi RI jauh lebih baik dibandingkan negara maju dan berkembang yang lebih dulu masuk jurang resesi. Namun bukan berarti kondisi ekonomi RI kemudian bisa selamat dari resesi.

Pasalnya, pihaknya melihat program pemulihan ekonomi tidak berjalan dengan optimal seperti misalnya berbagai stimulus, keringanan kredit perbankan dan bantuan sosial. Pasalnya berbagai program tersebut belum mampu mendongkrak belanja konsumsi. "Jadi ini suatu fakta ekonomi kita masih bisa bertahan jika konsumsi rumah tangga bisa diperbaiki," tandas dia.



Dia menandasnya program tersebut tidak jalan optimal karena penyerapannya cukup lambat disamping masih banyak masyrakat yang takut keluar rumah karena bsia terpapar virus corona. Sebab itu, kuncinya lebih baik pemerintah fokus menganani penyebaran virus.

"Kalau bisa ditangani Covid-19 ini, saya meyakini ekonomi Indonesia bisa pulih. Tahun depan saya yakin bisa pulih asalkan penanganan covid berjalan dengan baik," tandas dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2246 seconds (0.1#10.140)