alexametrics

BI Dinilai Masih Punya Ruang Turunkan Suku Bunga Acuan

loading...
BI Dinilai Masih Punya Ruang Turunkan Suku Bunga Acuan
Bank Indonesia (BI) dinilai masih memiliki ruang dalam penurunan suku bunga acuan alias BI 7 Days Repo Rate (BI7DRR). Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) dinilai masih memiliki ruang dalam penurunan suku bunga acuan alias BI 7 Days Repo Rate (BI7DRR). Ekonom Core Piter Abdullah menerangkan, masih terbukanya ruang penurunan karena nilai tukar rupiah yang bergerak stabil serta terjaganya inflasi hingga awal tahun.

"Memang BI punya ruang untuk melanjutkan penurunan suku bunga mengingat nilai tukar rupiah yang dalam trend penguatan, sementara tingkat inflasi juga sangat rendah," ujar Piter saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Rabu (22/1/2020)

Kendati demikan menurutnya BI masih akan menahan suku bunga pada bulan ini. Hal ini agar memberikan waktu bagi perbankan dalam menurunkan suku bunga kreditnya yang belum juga berdampak.



"BI sebaiknya memberi waktu untuk perbankan merespons terlebih dahulu penurunan suku bunga acuan yang sebelumnya. Sampai saat ini penurunan suku bunga kredit masih sangat lambat," jelasnya.

Sebelumnya Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) pada level 5% serta suku bunga Deposit Facility sebesar 4,25% dan suku bunga Lending Facility 5,75%. Keputusan ini diambil dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang berlangsung 18-19 Desember 2019, lalu.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak