alexametrics

Resmi Dilantik, Ini Jajaran Eselon 1 Kemenparekraf/Baparekraf

loading...
Resmi Dilantik, Ini Jajaran Eselon 1 Kemenparekraf/Baparekraf
Menparekraf/Kabaparekraf Wishnutama Kusubandio (delapan kiri) dan Wamenparekraf/Wakabaparekraf Angela Tanoesoedibjo (delapan kanan) berfoto dengan pejabat eselon 1 Kemenparekraf/Baparekraf yang baru dilantik, Rabu (5/2/2020). Foto/Ist/Ibonk
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) akhirnya merampungkan restrukturisasi organisasi setelah kementerian/lembaga ini melebur jadi satu.

Bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf)/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kabadanparekraf) Wishnutama Kusubandio melantik pejabat Pimpinan Tinggi Madya (Eselon I) dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (Eselon II), Rabu malam (5/2).

Para pajabat yang baru dilantik tersebut akan menempati posisi baru dalam organisasi Kemenparekraf/Baparekraf yang baru selesai terbentuk sebagai hasil penggabungan dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).



Pembentukan organisasi baru Kemenparekraf/Baparekraf tersebut sesuai dengan instruksi Presiden yang diterbitkan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2019 tentang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Perpres Nomor 97 Tahun 2019 tentang Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Wishnutama menegaskan, pelantikan pejabat tinggi eselon satu dan dua ini merupakan bagian dari penataan struktur organisasi baru dalam mengembangkan peranan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai sektor andalan penghasil devisa negara serta menciptakan lapangan kerja yang luas untuk kesejahteraan masyarakat.

Dia menjelaskan, pembentukan organisasi baru Kemenparekraf/Baparekraf membutuhkan waktu yang panjang sekitar tiga bulan untuk menata organisasi baru seefisien mungkin serta menetapkan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) di masing-masing satuan kerja agar berfungsi secara optimal.

“Struktur organisasi baru Kemenparekraf/Baparekraf ini telah dikaji agar dapat diimplementasikan secara tepat dan saling menguatkan. Sistemnya juga kita pikirkan agar peran strategis antara Kemenpar dan Bekraf berjalan optimal,” ujarnya di Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Acara pelantikan yang disaksikan oleh Wamenparekraf/Wakabaparekraf Angela Tanoesoedibjo dihadiri tamu undangan dari kalangan pejabat instansi terkait, pelaku bisnis pariwisata dan ekonomi kreatif, serta para pejabat yang dilantik terdiri atas 14 pejabat Eselon I dan 30 Pejabat Eselon II.

Dalam struktur baru organisasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang dipimpin Menteri dan Wakil Menteri menempatkan 6 pejabat eselon satu terdiri atas Sekretaris Kementerian, Staf Ahli Bidang Reformasi dan Regulasi, Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi, Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha, Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas, dan Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis.

Sementara itu struktur baru organisasi Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) yang dipimpin Kepala Badan (Menteri) dan Wakil Kepala Badan (Wakil Menteri) menempatkan 9 pejabat eselon satu yaitu Sekretariat Utama, Inspektorat Utama, Deputi Bidang Kebijakan Strategis, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan.

Berikutnya adalah Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Deputi Bidang Industri dan Investasi, Deputi Bidang Pemasaran, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events), serta Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif.

Organisasi Baparekraf yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 97 Tahun 2019 ini merupakan Lembaga Pemerintah Nonkementerian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden.

Berikut nama-nama pejabat Eselon 1 Kemenparekraf:

1. Sekretaris Kementerian : Ni Wayan Giri Adnyani

2. Staf Ahli Bidang Reformasi dan Regulasi : Ari Juliano Gema

3. Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi : Fransiskus Xaverius Teguh

4. Staf Ahli Bidang Pengembangan Usaha : Dadang Rizki Ratman

5. Staf Ahli Bidang Inovasi dan Kreativitas : Josua Puji Mulia Simanjuntak

6. Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis : - (belum dilantik)

Berikut nama-nama pejabat Eselon 1 Baparekraf:

1. Sekretariat Utama : Ni Wayan Giri Adnyani

2. Inspektorat Utama : Restog Krisna Kusuma

3. Deputi Bidang Kebijakan Strategis : Kurleni Ukar

4. Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan : - (belum dilantik)

5. Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur : Hari Santosa Sungkari

6. Deputi Bidang Industri dan Investasi : Fadjar Hutomo

7. Deputi Bidang Pemasaran : Nia Niscaya

8. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) : Rizky Handayani Mustafa

9. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif : - (belum dilantik)
(ind)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak