alexametrics

Menko Airlangga: Influencer Asing ke RI Dapat Diskon Tiket Pesawat

loading...
Menko Airlangga: Influencer Asing ke RI Dapat Diskon Tiket Pesawat
Menko Airlangga Hartarto mengatakan, nantinya influencer asing yang mempromosikan sepuluh destinasi wisata Indonesia akan mendapat tambahan diskon tiket pesawat USD50. Foto/Dok
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, nantinya influencer asing yang mempromosikan sepuluh destinasi wisata Indonesia akan mendapat tambahan diskon tiket pesawat USD50 atau sekitar Rp700.000 (Kurs rupiah Rp14.000).

"Itu semuanya di pariwisata, karena itu bagian dari paket wisman (wisatawan mancanegara) dan wisnus (wisatawan nusantara). Wisman kalau dari AS atau Australia itu setiap orang begitu ke Indonesia dapat USD50," ujar Airlangga, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

Lebih lanjut terang dia, dana influencer itu masuk dalam anggaran yang disapkan pemerintah untuk mendatangkan turis asing ke Indonesia dengan total Rp298,5 miliar. "Karena melihat insentif untuk maskapai dan travel agent sebesar Rp98,5 miliar, anggaran promosi wisata Rp 103 miliar, kegiatan pariwisata Rp25 miliar, dan influencer Rp 72 miliar," paparnya.



Namun mekanisme teknis untuk influencer itu nantinya akan dibahas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. "Teknisnya dengan industri pariwisata, airline masing-masing. Kita akan dorong bahwa paket paket ini leading sektornya di menteri pariwisata," jelasnya.

Airlangga menambahkan, pemberian insentif juga diberikan kepada para wisatawan lokal untuk sektor pariwisata. Penerapan insentif ini berlaku selama tiga bulan sejak Maret 2020. "Jadi kalau WNI dapat kuota diskon 30% untuk 25% dari seat di pesawat. Kalau asing beragam, ada USD30, ada USD50 di setiap destinasi," ujarnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak