Semoga Terjangkau, Standar Harga Tes PCR Segera Diumumkan

Senin, 14 September 2020 - 13:03 WIB
loading...
Semoga Terjangkau, Standar Harga Tes PCR Segera Diumumkan
Pemerintah segera mengumumkan harga standar tes PCR di Indonesia. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan segera menetapkan standar harga tes PCR Covid-19 yang saat ini masih belum ditentukan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan, saat ini pemerintah masih merumuskan berapa harga tes PCR yang layak bagi masyarakat.

(Baca Juga: Kebut Tes PCR Massal, Jateng Siap Gandeng Laboratorium Swasta)

"Pemerintah akan menyiapkan rujukan dan referensi harga untuk tes PCR ini," ujar Airlangga melalui konferensi pers virtual, Senin (14/9/2020).

Dia mengatakan, pihaknya berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan dalam menetapkan harga PCR Covid-19 yang layak. Setelah, diputuskan hasilnya segera disampaikan ke publik. "Kita akan melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan dalam menetapkan harga PCR ini," tegasnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, penentuan harga PCR ini dilakukan dengan keterlibatan berbagai pihak penyelenggara, urusan bidang kesehatan, termasuk penyelenggara kesehatan, Kementerian Kesehatan, swasta dan pemerintah, serta provider dari PCR ataupun reagen.

(Baca Juga: Temukan Kasus Covid-19, Indonesia Mampu Tes PCR 7.933 per 1 Juta Penduduk)

"Setelah dirumuskan, kami akan secara transparan kepada publik dan menetapkan pada laboratorium-laboratorium penyelenggara testing PCR tersebut," katanya.

Sebagai informasi, saat ini harga tes PCR di berbagai fasilitas kesehatan masih bervariasi satu dengan lainnya. Bervariasinya harga tersebut disebabkan keterbatasan stok reagen di lapangan.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2097 seconds (0.1#10.140)