Menata Hunian Minimalis Tipe 45

Rabu, 23 September 2020 - 11:15 WIB
loading...
Menata Hunian Minimalis Tipe 45
Foto/dok
A A A
JAKARTA - Pada zaman sekarang, setiap orang menyukai kehidupan praktis dan minimalis, termasuk dalam hal hunian. Tidak heran bila banyak pengembang yang menawarkan desain hunian minimalis seperti rumah tipe 45.

Tidak ada akar rotan pun jadi, begitulah penggambaran ketika kita akan memilih rumah. Jadi, Anda tidak harus berpatokan dengan memilih tipe besar, tipe 45 yang kecil pun jika ditata dengan baik bisa terlihat lapang dan berestetika.

"Di perumahan-perumahan tipe 45 adalah tipe yang paling laku dijual. Kekurangan dari tipe ini ada pada luas bangunan dan luas tanah yang terbatas. Namun, kalau soal harga, tipe ini sangat terjangkau untuk semua kalangan," jelas arsitek Rizky Artando. (Baca: Kasus Corona Capai 4.000 per Hari, IDI Berikan Dua Solusi)

Rumah minimalis tipe 45 mempunyai luas tanah sekitar 72 meter persegi dengan ukuran 6x12 meter. Di pasaran, bangunan ini ditawarkan dengan 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, ruang tamu dan ruang makan, serta dapur menjadi satu sirkulasi.

Mengingat luasnya yang sangat terbatas, Anda tentu harus pintar dalam menatanya. Oleh karena itu, kita akan membahas cara penataan tipe 45 agar bisa mendapatkan ruang dengan luas yang optimal dengan biaya yang tidak terlalu besar.

Anda pun bisa menghadirkan carport pada tipe rumah 45. Biasanya carport rumah tipe ini hanya bisa dibuat dengan panjang 3,75 meter dan pastinya hanya bisa menampung satu mobil jenis sedan.

"Rumah minimalis tipe ini tidak disarankan untuk mengubah ukuran carport karena biasanya ada beberapa perumahan yang tidak boleh mengubah tampilan depannya. Ukuran carport tidak menjadi masalah yang terlalu besar, biarkan saja ukurannya tetap 3,75x3 meter," ungkap Rizky.

Setelah selesai di bagian depan, Anda bisa masuk ke area dalam, yaitu ruang tamu. Untuk rumah minimalis tipe 45, ruang tamu pasti menjadi satu dengan ruang keluarga, mengingat luas area dalamnya sangat terbatas. (Baca juga: Duh! Pemerintah Tambah Sempoyongan Tanggung Beban Utang)

"Saran saya untuk area ruang tamu adalah jangan menempatkan furnitur yang gemuk dan berat. Jika kita lihat denah tipe 45, ruang tamu selalu dibuat menyatu dengan area keluarga. Nah, untuk menyiasatinya lebih baik meletakkan dua kursi kecil ditambah satu meja di pojok, supaya lebih menghemat ruangan," saran Rizky.

Tidak hanya ruang tamu, Anda pun bisa kembali menata ruang keluarga. Jika posisi awalnya ruang keluarga dibuat menyatu dengan ruang tamu, maka Anda bisa mengubahnya dengan menempatkan ruang keluarga di bagian tengah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)