Menata Hunian Minimalis Tipe 45

Rabu, 23 September 2020 - 11:15 WIB
loading...
A A A
"Bisa saja mengubah tampilan ruang keluarga dengan cara menggeser tembok ke belakang sekitar 1,95 meter atau hampir 2 meter," kata Rizky.

Biasanya rumah minimalis dengan tipe ini memiliki dua kamar tidur, yakni di bagian depan dan belakang. Untuk ruang tidur utama rata-rata memiliki ukuran sekitar 3x2,75 meter, masih cukup memungkinkan bila Anda ingin menempatkan ranjang berukuran single bed.

"Buat kamar selapang mungkin dengan tidak banyak menggunakan furnitur besar. Ruangan ini biasanya mempunyai dinding yang menyatu dengan dinding bagian depan, jadi sebaiknya jangan terlalu banyak diubah posisinya," jelasnya. (Baca juga: Arab Saudi Siap-siap Cabut Larangan Umrah)

Selain kamar utama, ada pula area kamar tidur di bagian belakangnya. Untuk kamar tidur ini memiliki ruang sisa seluas 1x3 meter. Ruang sisa dalam dunia arsitektur disebut dengan ruang negatif karena tidak difungsikan selain untuk pencahayaan atau ruang terbuka sebagai jalan sirkulasi. Jika akan dibuat bangunan, luas ruangan ini pun terlalu tanggung lebih digunakan untuk memperluas kamar tidur belakang.

Pastikan Anda tidak melupakan mengubah posisi jendela agar menghadap ke arah taman. Anda pun bisa mengubah bentuk jendela dengan model lurus dari bawah sampai atas sehingga berbentuk lebar dan tinggi pintu.

Area terakhir yang harus diperhatikan dari rumah minimalis bertipe 45 ini adalah dapur. Sebaiknya dapur dibuat menyatu dengan ruang makan karena ketersediaan lahan di rumah minimalis ini.

"Di rumah bertipe kecil, area belakang selalu mendapatkan sisa tanah sebagai tambahan untuk area dapur. Jika ingin digunakan sebaiknya tembok dibuat mundur 2 meter agar area dapur dan ruang keluarga memiliki privasi sendiri," saran Rizky. (Lihat videonya: Merasa Jenuh, Pasien Covid-9 di Kalsel Jebol Ruang Isolasi)

Jadi, seminimalis apa pun tipe rumah yang Anda pilih, bila ditata dengan apik dan tepat akan memberikan kesan yang indah dan menarik. (Aprilia S Andyna)

Tipe Rumah Minimalis yang Pas untuk Hunian

Sebelum membeli rumah ataupun merenovasi, ada baiknya untuk mengetahui detail tipe rumah yang ingin dipilih
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)