Dear Warga Desa, Pak Jokowi Bakal Kasih Modal dan Keterampilan Usaha Nih!

Kamis, 24 September 2020 - 12:31 WIB
loading...
Dear Warga Desa, Pak Jokowi Bakal Kasih Modal dan Keterampilan Usaha Nih!
Ilustrasi desa wisata di Bali. Foto/Dok Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan ruang bagi warga desa untuk mengembangkan potensi lokalnya. Jika perkembangannya baik, maka pemerintah akan memberikan sejumlah fasilitas, seperti akses ke permodalan, teknologi dan peningkatan keterampilan.

"Memperkuat daya ungkit ekonomi desa, setiap desa perlu mengembangkan potensi lokalnya, baik berkaitan dengan pertanian, wisata maupun industri yang ada di desa. Jangan semuanya dilakukan top down, dari atas, tapi berikan ruang partisipasi," ujar Jokowi dalam rapat terbatas "Percepatan Peningkatan Ekonomi Desa" secara virtual, Kamis (24/9/2020). (Baca juga: Genjot Ekonomi Desa, OJK Bakal Permak Kapasitas Bisnis BUMDes )

Jokowi yakin warga desa mampu berkreasi sehingga akan mengungkit perekonomian lokal. Pemerintah juga akan memberikan sejumlah fasilitas sejalan dengan pengembangan potensi yang sudah dilakukan warga.

"Saya kira kalau perkembangannya kelihatan, ini harus difasilitasi, diberikan akses ke permodalan, teknologi atau skill, keterampilan, dan didorong kerja sama antardesa dan bisa masuk ke supply chain yang lebih luas. Sehingga, pelaku usaha di desa bisa up skilling, bisa naik kelas," jelasnya. (Baca juga: Iran Akui Beri Teknologi pada Yaman untuk Buat Rudal dan Drone )

Sejurus dengan itu, Jokowi juga ingin pemerintah mengintegrasikan gerak langkahnya dalam mengembangkan ekonomi desa. Mantan Gubernur DKI itu tidak ingin jajarannya bergerak sendiri-sendiri sehingga hasil kerjanya tidak terlihat.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2014 seconds (0.1#10.140)