Gowes Yuk! 50 Parkiran Sepeda Bakal Tersedia di Jakarta Nih..

Jum'at, 25 September 2020 - 21:32 WIB
loading...
Gowes Yuk! 50 Parkiran Sepeda Bakal Tersedia di Jakarta Nih..
Gowes sedang menjadi primadona di masyarakat, mereka mencari aktivitas di luar rumah sambil berolahraga. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyediakan 50 tempat parkir sepeda di seluruh kota Jakarta dalam Pekan Nasional Keselamatan Jalan (PNKJ) 2020.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan situasi pandemi Covid-19 seperti saat ini, trend bersepeda di kalangan masyarakat makin meningkat. Trend ini terjadi tidak hanya di kota besar, tapi juga di berbagai wilayah lain di seluruh Indonesia.

"Bersepeda seolah kini menjadi tren gaya hidup masyarakat untuk tetap hidup sehat yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan imunitas. Jadi kita siapkan titik untuk parkir sepeda," ujar Menhub di Jakarta, Jumat (25/9/2020).



Dia melanjutkan Kemenhub telah menerbitkan Peraturan Menteri Perhubungan No. 59 Tahun 2020 tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan yang dapat menjadi panduan bagi para pesepeda dan stakeholders lainnya agar tetap bersepeda dengan aman dan berkeselamatan.

"Saya berharap kepada masyarakat untuk selalu menggunakan perlengkapan keselamatan saat mengendarai sepeda seperti yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No. 59 tahun 2020. Selain itu wajib mematuhi rambu lalu lintas, protokol kesehatan, dan bersepedalah dengan selamat," katanya.

Menhub juga mengajak Pemerintah Daerah untuk turut mendorong tersedianya fasilitas seperti jalur khusus sepeda, tempat parkir untuk pesepeda termasuk untuk para penyandang disabilitas. Ia juga berharap para pengambil kebijakan baik ditingkat pusat maupun daerah dapat menyuarakan Keselamatan Jalan kepada seluruh lapisan masyarakat di berbagai kesempatan.

"Keselamatan jalan tidak mungkin terwujud bila tidak diawali saat ini, dari diri kita sendiri, keluarga, masyarakat, serta lingkungan hingga akhirnya menjadi budaya dan peradaban bangsa," kata dia.



Dalam kesempatan yang sama, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiadi menyebut pemilihan titik-titik tempat parkir tersebut didasari oleh kebutuhan. Dengan prioritas, untuk sekolah, perkantoran, dan tempat ibadah. "Kami akan membagikan sekitar 50 tempat parkir sepeda di seluruh kota Jakarta, diberikan ke sekolah yang membutuhkan, tempat ibadah, perkantoran, termasuk beberapa tempat umum lainnya," jelasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1200 seconds (0.1#10.140)