Luhut Sentil BPJS, Terkuak RS di Jatim-Jabar dan Sumut Terbanyak Belum Ajukan Klaim

Rabu, 30 September 2020 - 09:25 WIB
loading...
Luhut Sentil BPJS, Terkuak RS di Jatim-Jabar dan Sumut Terbanyak Belum Ajukan Klaim
Luhut meminta agar pembayaran klaim perawatan pasien Covid-19 dipercepat. Namun terkuak bahwa RS terbanyak yang belum mengajukan klaim ada di provinsi Jawa Timur, Jawa Barat dan Sumatera Utara. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan sekaligus Wakil Ketua Komite Pengendalian Covid-19 dan Pengendalian Ekonomi Nasional meminta agar BPJS kesehatan mempercepat pembayaran klaim perawatan pasien Covid-19.

“Saya minta BPJS segera berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk melakukan verifikasi data rumah sakit yang klaimnya terkendala agar tidak memengaruhi cash flow rumah sakit yang merawat pasien Covid 19,” ujar Luhut di Jakarta, Rabu (30/9/2020).

(Baca Juga: Ada Vaksin Gratis, BPJS Kesehatan Nyatakan Datanya Sudah Siap )

Menjawab permintaan Menko Luhut, Plt. Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Abdul Kadir mengatakan bahwa dari 1.906 RS penyelenggara pelayanan Covid-19 diseluruh Indonesia, hanya 1.356 RS yang sudah mengajukan klaim. Sisanya sebanyak 550 RS belum mengajukan klaim sama sekali.

“Tiga terbanyak ada di provinsi Jawa Timur (Jatim), Jawa Barat (Jabar) dan Sumatera Utara (Sumut),” ujarnya kepada Menko Luhut.

(Baca Juga: Pemerintah Harus Jaga Kinerja BPJS di Tengah Pergantian Direksi )

Untuk ini, Menko meminta para gubernur yang hadir dalam rakor, yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Gubernur Bali Wayan Koster untuk berkoordinasi dengan BPJS.

“Tolong para gubernur segera perintahkan dinas kesehatan, perwakilan BPJS Kesehatan di daerah berkoordinasi dengan pihak rumah sakit yang belum mengajukan klaim dan verifikasi klaim RS yang belum selesai agar penanganan pasien covid tidak tersendat,” pintanya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)