Wamendag: Bintan Bisa Jadi Pemasok Sayur dan Buah ke Singapura

Rabu, 30 September 2020 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Wamendag juga mendorong ketersediaan gudang yang representatif. Gudang yang baik, kata dia, adalah salah satu kunci untuk menjaga kualitas dan kuantitas produk. Selain itu, dia mendorong perlunya integrasi yang baik antara pusat produksi dengan gudang dan pelabuhan dari sisi transportasi.

(Baca Juga: Indonesia Diharap Jadi Eksportir Perikanan Terbesar Ketiga)

"Saya melihat kualitas jalan di Bintan ini cukup baik. Ini akan menunjang dalam segi biaya logistik. Nah, mungkin nanti perlu diupayakan pengangkutan di laut dan proses bongkar muat yang makin murah dan meningkat. Itu nanti pasti pihak terkait akan bekerja menyelesaikannya. Yang jelas dari perspektif kemendag, ini akan menentukan juga daya saing produk kita di pasar luar negeri nanti," kata Jerry.

Wamendag menambahkan, pandemi Covid-19 ini juga harus dilihat dengan pandangan yang positif dalam konteks perdagangan luar negeri, khususnya produk hortikultura. Menurutnya, inilah saatnya semua pihak melakukan evaluasi dan penyesuaian agar di masa mendatang bisa berkinerja dengan lebih baik.

"Saya yakin ekspor buah dan sayur Indonesia, khususnya dari Bintan akan bisa bersaing jika bisa mengambil kesempatan di masa pandemi ini," pungkasnya.
(fai)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)