Krisis Ekonomi, Likuiditas Bank BUMN dan BPD Lebih Stabil dari Bank Swasta

Rabu, 07 Oktober 2020 - 12:57 WIB
loading...
Krisis Ekonomi, Likuiditas Bank BUMN dan BPD Lebih Stabil dari Bank Swasta
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Likuiditas BUMN sektor perbankan dinilai lebih stabil dibandingkan bank swasta saat menghadapi tekanan pandemi Covid-19. Stabilitas likuiditas bank plat merah tersebut karena didukung oleh pemegang saham, dalam hal ini adalah negara.

Financial Institution Ratings Analyst PT Pefindo Hanif Pradipta mengatakan, dari sisi permodalan dalam kategori Bank Umum berdasarkan Kegiatan Usaha (BUKU) I hingga VI, BUMN perbankan lah yang paling kuat menghadapi tekanan krisis ekonomi saat ini.

"Dari BUKU I-VI memang bank-bank yang lebih kuat dari sisi modal dan pendanaannya. Dari BUKU III atau IV memang didukung oleh pemegang saham atau BUMN tentu lebih tahan dari dampak pandemi ini," ujar Hanif dalam sesi wawancara dengan IDX Channel, Jakarta, Rabu (7/10/2020). (Baca juga: Cadangan Devisa Longsor USD1,8 Miliar pada September )

Hanif mengatakan, salah satu dorongan pemerintah untuk menyelamatkan tekanan keuangan bank BUMN adalah dengan memberikan relaksasi berupa penempatan dana negara sebesar Rp47,5 triliun kepada empat anggota Bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) sejak Juni 2020 lalu.

Bank Himbara tersebut adalah PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

Bukan saja bank BUMN, Bank Pembangunan Daerah (BPD) pun merupakan salah satu perbankan yang cukup kuat menghadapi pandemi Covid-19. Hanif menilai, penyaluran kredit BPD bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) menjadi faktor penguatnya di saat krisis ekonomi melanda saat ini.

"Tapi yang menarik, kami melihat bank Pembangunan Daerah yang dimiliki oleh Pemda, karena fokusnya kredit pada ASN atau PNS sehingga dampak Covid-19 tidak terlalu signifikan pada bank BPD," kata dia. (Baca juga: Oknum ASN DLH Bandung Barat Diduga Manipulasi Data TKK )

Dalam catatan iNews.id, pemerintah juga telah menambah dua BPD, yakni Bank Sulawesi Barat dengan penempatan dana sebesar Rp1 triliun dan BPD Kalimantan Barat sebesar Rp500 triliun. Penempatan dana ini menggenapi jumlah dana yang ditempatkan pada tujuh BPD sebelumnya dengan nilai Rp11,2 triliun.

Tak hanya itu, rencananya pada 8 Oktober 2020 pemerintah juga akan memberikan tambahan dana ke BPD Sumatera Utara dan BPD Jambi. Dengan demikian, total dana pemerintah yang telah ditempatkan ke BPD dan bank Himbara mencapai Rp61,7 triliun.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1950 seconds (0.1#10.140)