Kebiasan Menabung Susah Diterapkan? Coba Pakai Cara Ini

Jum'at, 09 Oktober 2020 - 10:14 WIB
loading...
Kebiasan Menabung Susah Diterapkan? Coba Pakai Cara Ini
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bagi sebagian orang, menabung bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Meski sadar akan pentingnya menabung dan manfaatnya di kemudian hari, gaya hidup boros dan banyaknya godaan untuk berbelanja sering kali menyulitkan sebagian orang untuk menyisihkan sebagian uangnya.

Mungkin Anda termasuk salah satu di antaranya. Jika Anda memiliki masalah yang sama, ada solusi nih biar kebiasaan menabung bisa tertanam dan berkelanjutan.

Perancang Keuangan Eko Endarto mengatakan, menabung akan terasa sangat sulit jika tidak memiliki tujuan yang jelas. "Saat Anda memiliki tujuan, motivasi Anda akan bangkit bahkan tetap terjaga. Jadi sebelum mulai menabung, pastikan menentukan tujuannya terlebih dahulu," kata Eko saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Jumat (9/10/2020). (Baca juga: Penting! Ini 3 Kunci Dongkrak Motivasi Belajar Anak Selama Pandemi )

Dia melanjutkan, cara menabung lama bisa diterapkan. Salah satunya dana yang ditabung terkunci dan aman dari godaan memakainya untuk konsumsi.

"Kayak mengunci dana yang berhasil Anda sisihkan di celengan, jadinya enggak Anda ambil-ambil uangnya. Walaupun enggak banyak, dapat tambahan jika menabung di bank," jelasnya. (Baca juga: Ditiup Angin Segar dari Paman Sam, Mata Uang Garuda Akan Mengepak )

Dia menambahkan, berilah nama untuk setiap tabungan atau investasi yang disisihkan. "Secara psikologis, ini bisa membantu Anda berpikir ulang ketika hendak mengambil isi tabungan atau menunda upaya menabung," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2501 seconds (0.1#10.140)