Awas Tergoda Janji Manis Online Shop Palsu

Sabtu, 10 Oktober 2020 - 13:15 WIB
loading...
Awas Tergoda Janji Manis Online Shop Palsu
Di balik kepraktisannya, belanja online shop juga rawan penipuan. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Berbelanja secara daring masih menjadi tren di masyarakat. Tidak hanya menawarkan banyak promo menarik, tetapi juga memberikan segudang kemudahan dalam transaksi. Namun, di balik kepraktisannya itu, belanja lewat online shop juga rawan penipuan.

Kejadian ini pun pernah dialami Adiezty Fersa, artis sekaligus istri dari presenter Gilang Dirga. Dia pernah ditipu oleh penjual merchandise K-pop di akun media sosial Instagram (IG). (Baca: Muslimah, Ini Pentingnya Menyempurnakan Wudhu)

"Akhir 2019, saya pengen banget menghadiahi diri sendiri dengan membeli Exo Season Greeting 2020, ternyata malah tertipu dan harus merelakan kehilangan barang yang udah saya impi-impikan. Rasanya sakit sih, terlebih lagi setelah tahu tertipu dan melihat toko itu masih aktif promosi jualan," kenang wanita jebolan ajang pencarian bakat X-Factor ini.

Foto-foto tampan para personel Exo yang dipasang oleh online shop tersebut membuat Adiezty tergoda untuk membelinya, tanpa memastikan lagi apakah online shop tersebut profesional atau tidak. Wanita kelahiran 1990 ini pun tetap melanjutkan transaksi pembayarannya.

"Jujur, tergoda sekali akan item post card yang ditawarkan melalui foto-foto yang ada di IG-nya. Tanpa berpikir panjang dan karena barangnya juga tidak banyak, langsung saya memulai transaksi pembayaran Rp800.000 ke bank. Setelah bayar, entah kenapa timbul rasa panik dan langsung chat penjual untuk memastikan barang kapan sampai," ungkapnya.

Sayangnya, setelah menunggu lebih dari dua minggu, dia pun tetap tidak mendapatkan kepastian kapan barang yang diidam-idamkannya datang. Saat menghubungi penjual, dirinya tidak mendapatkan respons balik. Barang pesanan pun tak kunjung datang. (Baca juga: Tangkap dan Aniaya Wartawan, POlri Didesan Evaluasi Pola Pengamanan Unras)

"Rasanya gelisah dan hampir setiap detik saya menghubungi penjualnya untuk menanyakan kapan barang tersebut bisa saya terima. Ending-nya, nomor saya pun langsung diblok sang penjual dan barang tidak juga sampai," keluhnya lirih saat dihubungi KORAN SINDO.

Setelah beberapa minggu, Adiezty baru tersadar bahwa dirinya mengalami penipuan online shop yang menawarkan atribut dari boy band Korea tersebut. Wanita berkulit putih itu pun mencoba menelusuri rekam jejak toko tersebut di Twitter dan ternyata dirinya pun kaget mengetahui sudah banyak korban dari akun tersebut.

Merasa memiliki nasib sama, Adiezty pun mencoba memberikan efek jera kepada pemilik akun online shop yang menipu dirinya dengan melaporkannya kepada pihak terkait. "Saya coba kumpulkan korbannya buat laporan penipuan kepada pihak berwenang. Tetapi dari kepolisian belum ada juntrungannya. Enggak tahu juga gimana kejelasannya sampai hari ini," jelasnya.

Menurut dia, akun IG online shop tersebut pun berubah-ubah. Sampai saat ini, akun tersebut masih aktif menawarkan produk-produk dengan harga murah dan janji-janji manis kepada pembelinya agar tertarik untuk terus melanjutkan transaksi pembelian di toko ini. "Sampai sekarang akunnya masih aktif, tetapi nama tokonya sudah diganti," tuturnya. (Baca juga: Belajar Harus tetap Menyenangkan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0979 seconds (0.1#10.140)