Mengintip Kelebihan Investasi Obligasi Pemerintah di Tengah Ancaman Resesi

Kamis, 15 Oktober 2020 - 06:55 WIB
loading...
A A A
Adanya pendapatan imbal hasil melalui kupon membuat Anda tak perlu melakukan transaksi jual beli untuk mendapatkan penghasilan. Imbal hasil yang diperoleh bisa dalam bentuk kupon bunga tetap (fixed coupon) dan kupon dengan bunga mengambang (floating coupon).

3.Mendapat Capital Gain
Bila merasa kurang puas dengan hanya mengharapkan pendapatan tetap melalui pembayaran kupon, Anda bisa melakukan transaksi jual beli di pasar obligasi. Di sini, Anda bisa mendapatkan tambahan penghasilan berupa capital gain yang diperoleh dari selisih harga beli dan harga jual investasi. Selain itu obligasi juga bisa digunakan sebagai agunan saat mengajukan kredit di Bank

Terdapat dua jenis seri obligasi yang bisa dibeli di pasar obligasi yaitu obligasi FR dan obligasi INDON. Obligasi FR adalah obligasi negara dengan mata uang IDR konvensional. Sedangkan Obligasi INDON merupakan obligasi negara dengan mata uang USD. Obligasi seri FR dan INDON diterbitkan oleh pemerintah Indonesia dalam jangka waktu tertentu dengan kupon tetap.

4.Mudah
Investasi obligasi pemerintah kini menjadi lebih mudah karena juga bisa didapatkan di pasar sekunder. Dengan begitu transaksi jual dan beli bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu penawaran perdana melalui Initial Public Offering (IPO). Investasi Obligasi pun kini menjadi lebih mudah karena bisa diakses melalui layanan Obligasi Pasar Sekunder yang tersedia di Aplikasi digibank by DBS.

Lewat Aplikasi digibank by DBS ini, Anda tak perlu repot datang ke kantor cabang bank untuk melakukan otorisasi transaksi. Selain itu layanan bisa diakses dalam 7 hari 24 jam.

Transaksi obligasi pemerintah lewat fitur obligasi pasar sekunder dari digibank by DBS bisa dilakukan dengan nominal mulai Rp1 juta untuk obligasi seri FR dan USD 1000 untuk transaksi obligasi seri INDON.

5.Berkontribusi dalam Pembangunan
Investasi lewat instrumen obligasi pemerintah atau biasa disebut SBN juga memberi kesempatan investor untuk berkontribusi dalam mendukung pembangunan nasional. Dengan begitu investasi tidak hanya memberi manfaat untuk diri sendiri dan keluarga tetapi juga untuk nusa dan bangsa.

Selama 2020 pemerintah sudah beberapa kali mengeluarkan seri obligasi negara yang digunakan untuk berbagai kebutuhan pembangunan dan infrastruktur serta penanganan pandemi akibat virus corona atau Covid-19.

Mudah Berinvestasi Obligasi dengan Aplikasi digibank by DBS
Beragam kelebihan investasi obligasi pemerintah tentu saja akan dirasakan apabila Anda sudah mulai berivestasi obligasi. Bila belum, Anda tak perlu menunggu lama. Inilah waktu yang tepat untuk memulai langkah berinvestasi obligasi dengan terlebih dahulu mengunduh Aplikasi digibank by DBS.

Lewat Aplikasi digibank by DBS, Anda bisa memanfaatkan fitur obligasi pasar sekunder yang memudahkan setiap transaksi investasi obligasi melalui layanan e-SBN. Fitur obligasi pasar sekunder di digibank by DBS akan memudahkan Anda melakukan transaksi kapan saja dimana saja, selama 7 hari 24 jam tanpa henti.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)