Pelaku UMKM Wajib Merangkul Teknologi Agar Tidak Lenyap Ditelan Resesi

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 19:44 WIB
loading...
A A A
Manfaatkan Media Sosial

Keberadaan media sosial sangat membantu UMKM dalam memasarkan produk dan meraih penjualan. Selain hard selling, media sosial juga dapat dimaksimalkan lagi untuk membangun kedekatan dan loyalitas konsumen terhadap brand atau produk.

Gunakan foto produk terbaik dan manfaatkan semua fitur media sosial yang ada. Selain itu, dapat ditingkatkan lagi misalnya dengan membuat iklan berbayar di Facebook atau Instagram. Cara ini terbukti efektif dalam meningkatkan penjualan asalkan ditargetkan secara benar.

Membangun Website Sendiri

Memiliki website sendiri menjadi investasi jangka panjang yang menarik bagi pemilik bisnis. Meskipun sudah ada platform e-commerce, punya website sendiri masih diperlukan untuk menguatkan branding maupun penjualan.

Pelaku usaha dapat menargetkan konsumen baru dari hasil pencarian pengguna di mesin pencari. Selain itu, website juga dapat memberikan kesan profesional bagi suatu unit bisnis.

Mengaktifkan Google My Business

Google My Business merupakan salah satu layanan Google yang menyediakan layanan direktori online gratis bagi pemilik usaha di seluruh dunia. Direktori usaha ini akan muncul di halaman pencarian Google saat pengguna internet mengetikkan kata kunci yang relevan dengan produk. Selain itu, direktori juga akan muncul dalam bentuk rekomendasi tempat di Google Maps.

Mengaktifkan Google My Business merupakan langkah awal yang penting bagi pebisnis yang ingin menggarap pasar digital. Ini karena, sebanyak 35% Google adalah “local search”, jenis pencarian yang dekat dengan pengguna seperti “cafe di jakarta selatan”, “tempat wisata jogja”, dan lain sebagainya.

Mulai Menggunakan Aplikasi Manajemen untuk Bisnis
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)