Gelar RAT, Koperasi Karyawan Pelindo IV Pilih Pengurus Baru

Senin, 02 November 2020 - 20:48 WIB
loading...
Gelar RAT, Koperasi Karyawan Pelindo IV Pilih Pengurus Baru
Rapat anggota tahunan koperasi karyawan Pelindo IV tahun buku 2019. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Koperasi karyawan PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) 2019 yang salah satu agendanya pemilihan pengurus baru periode 2020-2023.

Dalam sambutannya, Pembina Koperasi Karyawan yang juga Direktur Utama PT Pelindo IV , Prasetyadi mengatakan, sebagai pembina yang baru di Koperasi Karyawan (Kopkar) Pelindo IV , dirinya merasa cukup terkejut.

“Karena dari sebelumnya hanya sebuah koperasi kecil, saat ini Kopkar Pelindo IV sudah menjadi besar,” kata Prasetyadi dalam siaran persnya kepada SINDOnews.



Ke depan, dia memberikan tantangan kepada Kopkar Pelindo IV, terutama pengurus yang baru, agar belajar dari Kopkar Pelindo II yang sisa hasil usaha (SHU) yang mencapai puluhan miliar.

Dia juga mendorong pengurus yang baru nanti untuk mencari peluang-peluang baru di Pelindo IV sepanjang tidak bertabrakan dengan usaha yang dijalankan anak dan cucu perusahaan. “Saya yakin masih ada celah [bisnis] untuk Kopkar Pelindo IV,” ujarnya.

Prasetyadi juga mengemukakan, bahwa ke depan Kopkar Pelindo IV yang selama ini hanya beranggotakan pegawai Pelindo IV di Makassar, bisa mengelola pegawai yang ada pada cabang di luar Kota Makassar tetapi manajemennya tetap di Makassar.

“Sehingga anggotanya bisa lebih banyak lagi, karena itu juga adalah potensi untuk Kopkar Pelindo IV,” katanya.

Selanjutnya ia berharap, Kopkar Pelindo IV jika sudah lebih besar lagi, bisa merekrut manajer yang “besar” dan profesional untuk mengelola Kopkar Pelindo IV.

Dewan Pengurus Kopkar Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto dalam laporannya mengatakan, sangat mengapresiasi capaian kinerja Kopkar Pelindo IV karena dengan berbagai kondisi yang ada tetap bisa bertahan.



“Seperti pengelolaan karyawan outsourcing yang tidak lagi dikelola tetapi Kopkar Pelindo IV masih tetap bisa menghasilkan laba yang cukup baik, dengan jumlah anggota sebanyak 533 saat ini dari sebelumnya 536 karena ada yang pensiun. Ditambah dengan pendapatan yang mencapai 94% dari target sebesar Rp1,8 miliar pada 2019 lalu dan beban biaya sebesar Rp1,5 miliar sehingga masih ada laba,” sebutnya.

Dia pun berharap, semoga pengurus yang lama bisa menyatukan pikiran dengan pengurus yang baru. “Mudah-mudahan pengurus yang baru bisa membawa Kopkar Pelindo IV menjadi lebih baik lagi,” sambung dia.

Lebih jauh Toto juga berharap, agar pengurus yang baru bisa mewujudkan harapan agar Kopkar Pelindo IV dapat mengembangkan sayap melalui kerja sama dengan berbagai pihak seperti minimarket yang ada.

“Sebenarnya hal itu sudah pernah diminta kepada pengurus yang lama, tetapi karena adanya pandemi jadi belum bisa dilaksanakan. Semoga pengurus yang baru bisa mewujudkannya,” tukas Toto yang juga Corporate Secretary PT Pelindo IV.

Sementara itu, Perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Makassar , Aryani Syam menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pengurus Kopkar Pelindo IV periode 2016 – 2019 karena tetap bertahan dan bisa menghasilkan pendapatan meski ada usaha yang tidak lagi dikelola.

Dia juga mengatakan bahwa RAT merupakan pemegang kekuasaan tertinggi di koperasi. “Dalam RAT biasanya mengagendakan pertanggungjawaban pengurus, rencana kerja dan rencana anggaran untuk tahun buku berikutnya. Tapi untuk RAT Kopkar Pelindo IV kali ini juga membicarakan tentang pengurus baru,” kata Aryani.

Dia pun menyarankan agar di kepengurusan yang baru nanti harus tetap ada 1 atau 2 orang pengurus lama supaya Kopkar Pelindo IV tidak memulai dari awal. “Paling tidak harus ada 1 atau 2 pengurus lama agar bisa sharing pendapat atau tukar pikiran, misalnya tentang pengelolaan keuangannya,” sambung dia lagi.



Aryani juga menambahkan bahwa jumlah anggota yang besar merupakan potensi buat koperasi karena partisipan dari anggota memang sangat diperlukan.

Berdasarkan hasil pemilihan, Muhammad Irfan terpilih sebagai Ketua Kopkar Pelindo IV periode 2020 - 2023 dengan perolehan 29 suara dari total 52 suara yang sah. Adapun kandidat Ketua Kopkar Pelindo IV yang baru memunculkan tiga nama yakni Muhammad Irfan, Erisanty dan Chairil Anwar.

Sedangkan empat pengurus Kopkar Pelindo IV periode 2016-2019 yaitu Ketua Umum, Ichsan Bayupah, Wakil Ketua, Akira Fauzi, Sekretaris, Anna Maryani dan Bendahara, Zulfikar.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)