PR Besar Ekonomi Digital

Kamis, 12 November 2020 - 06:05 WIB
loading...
A A A
Di bagian lain, peneliti Indef Nailul Huda mengungkapkan, ekonomi digital bisa dikaitkan dengan seluruh jenis layanan ekonomi mulai dari sistem pembayaran, pinjaman, e-commerce, ride hailing, hingga online travel. Menurutnya, besaran ekonomi digital diprediksi mencapai 9,5% dari produk domestik bruto pada 2025.

“Ini jumlah yang cukup besar. Tingkat penetrasi internet di Indonesia pun meningkat terus. Maka porsi ekonomi digital terhadap PDB diprediksi bisa meningkat,” kata Nailul Huda. (Lihat videonya: Fenomena Pohon Pisang Berdaun Putih Gegerkan Warga Kudus)

Terkait pentingnya keamanan dalam mengimplementasikan ekonomi digita l, pengamat teknologi informasi (TI) Marsudi Wahyu Kisworo menerangkan, ada tiga komponen penting dalam keamanan teknologi informasi. Ketiganya adalah teknologi, prosedur, dan manusia.

“Tapi yang paling lemah itu manusianya karena sering teledor. Paspor dan pin gampang ditebak, misalnya, tanggal lahir. Atau kita sering lihat WhatsApp diretas,” ucapnya. (Kunthi Fahmar Sandy/Rina Anggraeni/FW Bahtiar)
(ysw)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)