Berkat KB Kookmin, Segmen Pasar Bank Bukopin Jadi Lebih Variatif

Sabtu, 14 November 2020 - 22:49 WIB
loading...
Berkat KB Kookmin, Segmen Pasar Bank Bukopin Jadi Lebih Variatif
Dirut Bank Bukopin Rivan A Purwantono hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Bank Bukopin Tbk di Jakarta, Selasa (25/8/2020). Foto/SINDOnews/Yorri Farli
A A A
JAKARTA - Masuknya KB Kookmin Bank ke PT Bank Bukopin Tbk terus memberikan kepercayaan terhadap perusahaan dengan kode emiten BBKP tersebut. Sejalan dengan penguatan modal dan transformasi bisnis yang dilakukan oleh Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali (PSP), Bukopin semakin kompetitif dalam melayani nasabah dan memperkuat industri usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) nasional

Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A. Purwantoro mengungkapkan bergabungnya Bank Bukopin sebagai bagian dari KB Financial Group, induk grup usaha KB Kookmin Bank, mulai berdampak positif. Ditengah tekanan bisnis akibat pandemi, kepercayaan nasabah perlahan terus meningkat.

“Kami bersyukur dalam situasi yang sangat dinamis dan menantang ini Kookmin hadir dengan dukungan yang besar. Kami berharap recovery ekonomi yang kini terus dilakukan pemerintah dan pelaku usaha juga semakin menguatkan bisnis Bukopin di masa mendatang," kata Rivan dalam keterangan rilisnya di Jakarta, Sabtu (14/11/2020).

(Baca Juga : Fitch Rating Indonesia Angkat Peringkat Bank Bukopin)

Kekuatan jaringan dan reputasi Kookmin yang besar di Korea Selatan juga mendorong diversifikasi sumber dana Bukopin saat ini. Rivan mengatakan, kedepannya Bukopin akan mengoptimalkan segmen pasar baik ritel, korporasi, BUMN dan Korean Link. Hal ini juga menjadi salah satu komitmen Kookmin untuk untuk mensinergikan pelaku usaha dan nasabah Korea Selatan khususnya di Indonesia untuk mendukung penguatan bisnis Bukopin.

Sejak masuk ke Bukopin, KB Kookmin juga terus menambah aliran dananya ke bank yang identik dengan sektor UMKM ini senilai USD780 juta atau setara Rp11,08 triliun (kurs Rp14.200 per dolar AS) yang terbagi menjadi setoran modal dan sisanya dana simpanan.

“Kami gembira masuknya Bukopin membuka peluang besar bagi Bukopin untuk memperluas jangkauan nasabah. Kami yakin transformasi yang tengah dilakukan Kookmin dan Bukopin di berbagai aspek seperti product development dan digitalisasi perbankan membuat transisi semakin cepat dan mendorong pertumbuhan kinerja yang positif dan dapat bersaing dalam industri perbankan nasional hingga global,” ujarnya.

Pengamat Pasar Modal dari PT Anugerah Mega Investama, Hans Kwee menilai keberadaan Kookmin sebagai bank terbesar di Korea Selatan akan mampu memperkuat kepercayaan terhadap Bukopin. Apalagi investor Korea Selatan ini juga didukung oleh ribuan pelaku usaha dan masyarakat Korea Selatan yang banyak berinvestasi di Indonesia.

(Baca Juga : Wow, Komposisi Kredit UMKM BRI Capai 80 Persen)

“Kekuatan Kookmin adalah mereka punya spesialisasi di sektor UMKM yang juga menjadi bisnis inti dari Bukopin. Ini akan semakin menguatkan kepercayaan nasabah terhadap bank. Dan itu yang dibutuhkan Bukopin saat ini,” kata Hans.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3857 seconds (0.1#10.140)