Demam Gowes, Penjualan Sepeda Meningkat Empat Kali Lipat

Minggu, 15 November 2020 - 17:00 WIB
loading...
Demam Gowes, Penjualan Sepeda Meningkat Empat Kali Lipat
Fenomena tingginya minat masyarakat untuk bersepeda di masa pandemi Covid-19, menyebabkan meningkatnya permintaan jasa servis sepeda. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencatakan pertengahan tahun ini penjualan sepeda mengalami peningkatan hingga empat kali lipat dibandingkan tahun lalu. Peningkatan penjualan sepeda disebabkan karena tren gowes semakin meingkat di tengah pandemi Covid-19.

"Ini merupakan peluang besar bagi IKM kita, termasuk sektor alat angkut untuk bisa ikut berkontribusi," kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih di Jakarta, Minggu (15/11/2020).

Baca Juga: KBRI Tokyo Pecahkan Rekor MURI Ajak Warga Jepang Bersepeda dengan Berbatik

Selain itu, lanjut Gati, pihaknya melaksanakan program kegiatan yang diyakini mampu mendorong peningkatan permintaan produk IKM di Indonesia. Berikutnya, pemberian fasilitasi mesin dan peralatan, pendampingan tenaga ahli, serta fasilitasi sertifikasi produk maupun kompetensi SDM. "Industri alat angkutan merupakan sektor yang memiliki peran besar terhadap perekonomian nasional," sebut Gati.

Baca Juga: Kronologis Perwira TNI Jadi Korban Begal Sepeda di Bintaro

Hal ini terlihat dari nilai investasi di sektor tersebut yang mencapai Rp8,39 triliun pada tahun 2019 atau masuk dalam lima besar sektor industri dengan nilai investasi terbesar setelah industri makanan, industri logam, serta industri kimia dan farmasi. Untuk itu, Ditjen IKMA Kemenperin bertekad untuk terus mendorong penguatan daya saing IKM alat angkut melalui peningkatan di sisi Quality, Cost, dan Delivery (QCD). "Salah satunya melalui bimbingan teknis untuk penguatan kompetensi SDM di sektor IKM," tandas dia.
(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3330 seconds (10.55#12.26)