Tahun Ini Kontribusi Penghematan Devisa dari Sawit USD8 Miliar

Selasa, 17 November 2020 - 20:25 WIB
loading...
Tahun Ini Kontribusi Penghematan Devisa dari Sawit USD8 Miliar
Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sektor sawit selama ini selalu identik dengan bahan baku makanan (food). Padahal, sebenarnya sawit bukan hanya untuk makanan saja tetapi untuk oil chemical, seperti kosmetik, dan lain lain.

"Minyak sawit punya karakterstik yang sesuai untuk digunakan di produk-produk kosmetik," kata Ketua Bidang Komunikasi Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Tofan Mahdi di Jakarta, Selasa (17/11/2020). Selain itu, sawit juga menjadi bahan baku energi dan bisa menjadi masa depan ekonomi di Indonesia.

( Baca juga:Kemnaker Perkuat Pengawasan Sektor Perkebunan Kelapa Sawit )

Dengan demikian, minyak sawit bisa menjamin kesejahteraan para petani sawit di Indonesia. Kalau dilihat pada tahun 2019, kontribusi penghematan devisanya sudah mencapai Rp51 triliun dan tahun ini diprediksi bisa menghemat sekitar USD8 miliar atau sekitar Rp116 triliun.

Adapun program biodiesel yang telah dilaksanakan dan terus dikembangkan merupakan potensi yang besar untuk mendukung kesejahteraan petani di indonesia.

( Baca juga:Kapolri Mutasi 21 Pati Polri, Brigjen Pol Ferdy Sambo Jadi Kadiv Propam )

"Ini sesuatu yang luar biasa. Jadi B30 adalah program mondatory biodiesel dari pemerintah sehingga bagi yang punya kendaraan berbahan baku diesel solar kandungannya itu sudah branded 30% minyak sawit," ucap Tofan.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2393 seconds (0.1#10.140)