Desain Rumah Tropis Tidak Ada Matinya

Rabu, 18 November 2020 - 14:15 WIB
loading...
A A A
“Unsur kayu dan karakter kulitnya bisa menjadikan rumah bergaya tropis makin hidup, namun juga bisa memberikan tampilan yang klasik,” lanjut Denny. (Baca juga: Tetap Jaga Berat Badan Selama Pandemi)

Tidak hanya teratas pada penggunaan elemen kayu saja, dalam hunian tropis Anda juga bisa menggunakan elemen batu alam seperti batu kali yang sudah dibentuk. Penggunaan batu alam untuk dekorasi hunian bergaya tropis memiliki beberapa keuntungan di antaranya bisa menghubungkan satu hubungan yang selaras di dalam rumah.

Jika lokasi tempat tinggal Anda berada di lingkungan tanah hook atau di dataran rendah, jangan takut untuk memulai mewujudkan ide rumah bergaya tropis. Anda bisa memunculkan ide tatanan tropis di beberapa bagian dari tempat tinggal Anda, antara lain di ruang tamu Anda dengan menampilkan dekorasi bantal kursi yang memiliki aksen bunga dan beberapa tanaman gantung.

Keuntungan dari rumah yang bergaya tropis adalah fleksibilitas gaya yang dipakai untuk segala ruangan mulai dari kamar tidur, ruang makan, ruang tamu, dan juga ruangan lainnya. Pada umumnya hunian bergaya tropis dapat mengubah mood sang pemilik rumah menjadi rileks dan ceria. (Aprilia S Andyna)

Tips Mengolah Rumah Berdesain Tropis:

Ada banyak cara untuk menyiasati masalah cuaca panas di rumah tropis. Agar tidak salah, yuk cermati pengaplikasiannya:

1. Cara tepat bikin ventilasi silang

Sebaiknya buat bukaan di dua sisi bangunan yang saling berseberangan agar alirannya dapat berputar ke seluruh ruangan, buatlah bukaan dengan ukuran yang berbeda dan tidak saling berhadapan. (Baca juga: Minyak Sawit Topang Ekspor Indonesia Sebesar 15 Persen)

2. Hindari efek rumah kaca

Kaca yang terpapar matahari bisa membuat suhu panas terperangkap dalam ruang dan panas tersebut tidak bisa keluar. Untuk itu, hindari kaca berukuran besar dalam desain hunian tropis Anda. Untuk menghalau hawa panas, Anda bisa halangi dengan kisi-kisi atau kanopi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)