Soal Distribusi Vaksin, Erick Jamin Kerahasiaan Data

Selasa, 24 November 2020 - 19:20 WIB
loading...
Soal Distribusi Vaksin, Erick Jamin Kerahasiaan Data
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir (tengah) saat meninjau fasilitas produksi vaksin Covid-19 di kantor Bio Farma, Bandung, Jawa Barat, Selasa (04/08/2020). FOTO/ANTARA
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan menggunakan satu data dalam mendistribusikan vaksin covid-19 kepada masyarakat. Nantinya, data tersebut akan terpusat di pemerintah. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pemusatan data tersebut diharapkan tidak akan disalahgunakan perusahaan plat merah. Adapun perusahaan BUMN yang akan terlibat dalam vaksinasi adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk serta PT Bio Farma (Persero).

"Kami dari BUMN, Telkom, Bio Farma sebagai agregator saja untuk menjaga supaya data bisa terekam dengan baik, datanya baik, jadi bukan milik kita, ini milik pemerintah," ujarnya dalam diskusi virtual, Selasa (24/11/2020).



Mantan pemilik klub sepakbola Inter Milan itu menyebutkan pemerintah akan menjaga kerahasiaan data masyarakat. Hal ini bahkan sudah menjadi konsen pemerintah sejak awal dalam pendistribusian vaksin covid. "Itu tidak bisa jadi domain publik atau milik sebuah perusahaan. Tentu ini kerahasiaannya kita jaga sejak awal karena itu kita membantu tapi datanya milik pemerintah," jelasnya.



Oleh karena itu lanjut Erick, pemerintah sangat terbuka terhadap masukan dari pihak swasta atau pihak lain dalam proses vaksinasi. Sehingga proses vaksinasi dapat berjalan dengan lancar. "Kami sangat terbuka dengan masukan dan pertanyaan agar kita bisa perbaiki, saat vaksin datang, berjalan dengan baik," ucapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2835 seconds (0.1#10.140)