BRI Ventures Sabet Dana Rp150 Miliar di Tengah Pandemi

Rabu, 25 November 2020 - 10:37 WIB
loading...
BRI Ventures Sabet Dana Rp150 Miliar di Tengah Pandemi
BRI Ventures berhasil mengumpulkan pendanaan dari investor sebesar Rp150 miliar untuk membangun pipeline bagi para ‘sembrani’ yakni startup lokal yang berkelanjutan setelah era unicorn. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT BRI Ventura Investama (BRI Ventures) berhasil mengumpulkan pendanaan dari investor sebesar Rp150 miliar, atau lebih dari setengah yang ditargetkan untuk Dana Ventura Sembrani Nusantara. Dana Ventura tersebut bertujuan untuk membangun pipeline bagi para ‘sembrani’.

CEO BRI Ventures Nicko Widjaja menjelaskan, sembrani merupakan istilah yang digunakan oleh BRI Ventures untuk menggambarkan startup lokal yang berkelanjutan setelah era unicorn .

“Kami senang sekali dengan tanggapan positif yang dihasilkan dari para investor DanaVentura Sembrani Nusantara pada periode pendanaan pertama ini. Seluruh investor ini merupakan mereka yang memiliki pengalaman berinvestasi di perusahaan rintisan, dan mereka yang percaya terhadap ekosistem digital di indonesia,” jelas Nicko di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

(Baca Juga: Kolaborasi BRI Ventures Bersama BEI Jorokin Perusahaan Startup untuk Go Public )

Menurut dia, dana Ventura Sembrani Nusantara melirik area investasi di luar sektor teknologi finansial (fintech). Selain itu dana ventura ini juga berfokus kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Hal ini tentunya akan memperkuat Bank BRI sebagai lembaga keuangan mikro terbesar di dunia. Selain memiliki dukungan dari Bank BRI, lanjut dia, Dana Ventura Sembrani Nusantara juga menggandeng super-app regional Grab sebagai salah satu investor.

“Grab merupakan salah satu unicorn yang percaya dengan kearifan lokal Indonesia dalam menumbuhkan ekosistem yang sejalan dengan tesis investasi kami untuk Sembrani Nusantara, dan tentunya akan membawa investasi Indonesia ke panggung dunia,” ungkap Nicko.

(Baca Juga: Startup Masih Sedikit yang Melantai di Bursa, Bos BRI Ventures Ungkap Keuntungannya )

Selain itu Dana Ventura Sembrani Nusantara juga mendapatkan dukungan dari Celebes Capital, salah satu pemain modal ventura awal di Indonesia. "Dana Ventura Sembrani Nusantara juga menggandeng inovator fintech Investree yang merupakan pelopor pinjaman P2P di Indonesia sebagai investor," terangnya.

Nickho menuturkan platform fintech lending ini telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp2,6 Triliun selama 2019, lebih dari dua kali lipat yang disalurkan pada tahun 2018 sebear Rp1 triliun.

"Dengan menjadi salah satu investor, Investree akan bekerjasama dengan BRI Ventures untuk menciptakan produk venture debt dibawah naungan Dana Ventura Sembrani Nusantara yang akan di launching dalam waktu dekat ini," sebut dia.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2289 seconds (0.1#10.140)