BRI Ventura Siap Dukung Startup Lokal Melantai di Pasar Modal

loading...
BRI Ventura Siap Dukung Startup Lokal Melantai di Pasar Modal
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Dampak pandemi Covid-19 telah dirasakan di setiap negara di Asia Tenggara. Pada paruh pertama tahun 2020, jumlah investasi ke perusahaan rintisan (startup) teknologi mengalami penurunan 15%.

Indonesia masih mengalami titik cerah dengan mencatatkan 75% dari seluruh investasi startup yang masuk ke Asia Tenggara tersebut.

“Dengan komposisi sebagian besar investor Dana Ventura Sembrani Nusantara yang berasal dari Indonesia, tentunya para pengamat berharap ekosistem startup lokal akan mampu menjadi pesaing kelas dunia,” kata CEO BRI Ventures Nicko Widjaja di Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Serta dapat menghasilkan lebih banyak perusahaan rintisan yang akan menjadikan industri modal ventura di Indonesia menjadi lebih dinamis. Salah satu langkah mewujudkan visi tersebut adalah memastikan semua aspek siklus investasi berjalan dengan baik, lewat penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) sebagai langkah awal untuk menjadi semakin sustainable.



(Baca Juga : BRI Ventures Sabet Dana Rp150 Miliar di Tengah Pandemi )

“Hal ini dilaksanakan dengan penandatanganan antara BRI Ventures dan Bursa Efek Indonesia pada 11 November 2020 yang lalu. Dan ini bertujuan untuk membantu lebih banyak startup untuk IPO di bursa lokal,” ucapnya.

BRI Ventures berharap melalui Dana Ventura Sembrani Nusantara, para stakeholders akan membuka diskusi untuk menjajaki model bisnis yang baru agar kedepan, investor dapat berpartisipasi membangun dana ventura di Indonesia.



Struktur dari Dana Ventura Sembrani Nusantara adalah Kontrak investasi Bersama (KIB) yang mirip dengan Kontrak Investasi Kolektif (KIK) dalam Reksadana yang sudah dikenal secara umum dan diawasi oleh OJK.

(Baca Juga : Raksasa Teknologi Ramai-ramai Incar Startup RI, Bos OJK: Yuk, Jangan Cuma Jago Kandang Doang! )

“Mengingat tujuan bersama kami adalah mendukung ekosistem digital lokal dan membangun Perusahaan rintisan yang layak IPO, kami menyadari bahwa Dana Sembrani Nusantara dapat berperan lebih aktif dalam lanskappendanaan lokal di masa depan dan membangun industri modal ventura yang bersaing dengan Singapura,” jelas Nicko.

Adapun hingga saat ini sudah ada dua startup local champions yang bergabung kedalam portfolio Dana Ventura Sembrani Nusantara. “Tunggu saja pengumumannya dalam waktu dekat,” imbuh dia.
(her)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top