Yuk Jadi Juragan Rumah Indekos yang Cermat

Kamis, 26 November 2020 - 11:54 WIB
loading...
A A A
Jika ada beberapa hal yang terlewat dan akhirnya mengharuskan kembali dibongkar, pasti akan menambah biaya. Tentunya jasa arsitek membantu meminimalisir kesalahan selama pembangunan. Sebab, aspek membangun tempat indekos sangat banyak dari analisa struktur, distribusi listrik, distribusi air baik air bersih atau air kotor. Karena tempat indekos berbeda dengan rumah biasa. Kalau ada kendala, penghuni bisa tidak nyaman dan memilih untuk pergi akhirnya pemasukan indekos jadi berkurang.

3. Ukuran Kamar

Ukuran standar kamar indekos, jika kamar tanpa kamar mandi dalam, luas 3x3 meter atau 3,5 x 3,5 meter. Luas tersebut sudah nyaman jika ditambah satu lemari dan meja kerja. Jika kamar mandi di dalam ada sisi tambah panjangnya 4 meter agar masih ada ruang lebih. Untuk kamar mandi tidak perlu terlalu besar, yakni cukup 1,8 x 1,5 untuk kloset dan shower.

4. Furniture di Dalam Kamar

Perlu diperhatikan juga furnitur per kamar karena jumlah pembelian tidak sedikit. Seperti kasur, lemari, meja, kloset, dan lain-lain. Karena pembelian isi kamar lebih banyak daripada membuat rumah biasa. Sebaiknya, harus mengestimasi total luas bangunan dikalikan borongan per lantai.

Borongan untuk bangunan mungkin di kisaran Rp4,5 juta - Rp5 juta per meter persegi untuk 2 lantai dengan kualitas bagus. Jadi, bisa dihitung luas lantai 1 dan lantai 2 dikalikan harga borong per meter persegi. Nilai itu masih diluar fit out. Nilaifit out kamar dapat dihitung berdasarkan harga jual kamar indekos.

5. Desain Interior Kamar

Kini banyak tempat indekos yang desain interiornya industrial dengan aksen wood. Ada juga konsep minimalis dengan aksen warna-warna di dinding. Interiornya fabrikasi sendiri sehingga antara konsep kamar dan furnitur selaras.
(wan)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2416 seconds (0.1#10.140)