DANA Dompet Digital Multifungsi, Dukung Seluruh Ekosistem Ekonomi Indonesia

Kamis, 26 November 2020 - 18:13 WIB
loading...
DANA Dompet Digital Multifungsi, Dukung Seluruh Ekosistem Ekonomi Indonesia
Warga melakukan transaksi menggunakan aplikasi dompe digital DANA di Sudiang, Makassar, baru baru ini. DANA dompet digital multifungsi, dukung seluruh ekosistem ekonomi Indonesia. Foto: SINDOnews/Muchtamir Zaide
A A A
MAKASSAR - Rani, 25 tahun, pagi itu terlihat panik. Dia lupa mentransfer uang ke saudaranya yang sedang membutuhkan biaya rumah sakit nun jauh di Samarinda, Kalimantan Timur. Untuk harus ke bank, Rani berpikir dua kali karena alasan jarak dan waktu yang akan terbuang lama karena antrean.

Apalagi, Rani berdomisili di wilayah Sudiang, Makassar dan terlebih hari itu Senin awal pekan dipastikan bakal ramai. Beruntung, di tengah kepanikannnya dia bertemu Darmadi, 30 tahun.

Melalui Darmadi inilah kekhawatiran Rani terjawab. Dengan cekatan, Darmadi meraih smartphonenya lalu membuka platform digital DANA miliknya. Jari telunjuk Darmadi begitu cekatan menekan fitur-fitur yang disediakan di aplikasi digital DANA , lalu meminta nomer rekening kerabat Rani serta nominal yang ditransfer. Tak perlu lama, semua kendala Rani bertransaksi keuangan aman.



Darmadi memiliki usaha jualan minuman dan warung kopi di bilangan Asrama Haji Sudiang, Makassar, tepatnya di BTN Tirasa Kavlin 8. Melalui usahanya, Madi Cell dan warung kopinya Lorbun Community, Darmadi mengaku banyak terbantu setelah mengenal DANA .

“Saya dikenalkan teman, katanya pakai DANA semua jadi gampang. Dan terbukti memang bisa dengan mudah bertransaksi tidak saja transfer, tapi juga dalam bertransaksi belanja di usaha miliknya. Bahkan, beberapa pelanggan setianya banyak bertransaksi di warung kopinya pakai DANA karena kadang bisa dapat promo,” ujarnya, saat dihubungi, Kamis (26/11/2020).

Damadi mengatakan, DANA banyak memberikan pilihan bertransaksi, tidak saja transfer rekening, belanja, tapi juga urusan kebutuhan sehari-hari lainnya seperti bayar listrik.
DANA Dompet Digital Multifungsi, Dukung Seluruh Ekosistem Ekonomi Indonesia

“Top up atau isi ulang saldonya juga mudah dilakukan, tinggal ke mini market terdekat semua bisa. Pokoknya DANA itu dompet digital multifungsi,” ungkapnya.

Hadirnya DANA dengan slogan “Apapun transaksinya selalu ada Dana” bisa dipastikan seluruh kebutuhan transaksi keuangan akan sangat mudah dilakukan. Mau bayar apapun jadi semudah lewat sentuhan jari. Lewat DANA , semua bisa melakukan transaksi apapun dengan praktis mulai dari pembayaran tagihan, transaksi barcode scan, hingga e-commerce. Melalui hastag #GantiDompet dan nikmati metode pembayaran yang lebih cepat, praktis dan aman, tentu hal itu sudah kian menegaskan.



CEO and Co-founder DANA , Vince Iswara, mengatakan, sejak awal DANA berkomitmen menjadi jembatan bagi seluruh ekosistem ekonomi di Indonesia.

“Inilah peran DANA yang sesungguhnya, tidak hanya menjadi aplikasi layanan pembayaran digital, tetapi mampu bersinergi dengan banyak pihak mulai dari layanan keuangan, komunitas, hingga pemerintah,” ujarnya, kemarin.

Oleh karena itu, selagi melakukan pengembangan teknologi dan kapabilitas, DANA terus menjangkau mata rantai ekosistem perekonomian digital lainnya untuk memudahkan pendekatan kepada masyarakat dan meyakinkan mereka dalam bertransaksi digital. DANA percaya adanya sinergi dengan berbagai sektor akan makin mendekatkan Indonesia menuju ekosistem digital yang terintegrasi.

Vince Iswara menjelaskan, DANA telah berkolaborasi dengan banyak pihak, mulai dari mitra lokal, nasional hingga global. DANA juga bekerja sama dengan pemerintah daerah hingga nasional. Beberapa mitra DANA di antaranya layanan keuangan dengan Mastercard dan VISA, telekomunikasi dengan Telkomsel, by.U dan Bima, di sektor logistik kerja sama Lionparcel dan JNE . Lalu, untuk perusahaan teknologi global dengan Apple, Spotify, serta QIYI.

Dikatakannya, dalam memilih kolaborasi dengan platform lainnnya, tentu banyak hal yang menjadi pertimbangan. Apalagi, DANA tentu telah bekerja sama dengan banyak perusahaan lainnya, mulai dari institusi finansial hingga perusahaan rintisan di bidang lain.

"Mengingat tujuan utama DANA adalah menjadi jembatan bagi seluruh ekosistem ekonomi dalam mewujudkan layanan finansial yang iklusif, maka dalam menjalankan kemitraan, DANA akan melihat kebutuhannya dengan masyarakat Indonesia dan sinergi yang bisa dikembangkan dari kedua belah pihak untuk mencapai tujuan tersebut,” katanya.

Vince Iswara menuturkan, animo masyarakat menggunakan DANA cukup tinggi, di mana hingga Oktober 2020 DANA menunjukkan pertumbuhan yang positif. Saat ini, DANA telah digunakan oleh lebih dari 45 juta pengguna di Indonesia.

“Tren penggunaannya masa sebelum dan setelah pandemi tidak menghentikkan DANA untuk menawarkan transaksi digital yang aman, nyaman, dan mudah bagi pengguna. Sebaliknya, DANA melihat adanya peningkatan transaksi yang cukup signifikan dari pengguna transaksi digital selama masa pandemi,” tuturnya.



Hal ini didorong dengan adanya perubahan perilaku dan kecenderungan masyarakat dalam memanfaatkan transaksi digital. Guna menghindari bepergian ke luar dan meminimalisir adanya kontak langsung, transaksi digital atau nontunai menjadi alternatif utama bagi masyarakat di tengah pandemi.

Menurutnya, masa pandemi turut mendorong masyarakat untuk mengeksplor berbagai fitur DANA , namun ada beberapa fitur DANA yang terlihat meningkat cukup signifikan. Fitur tersebut di antaranya adalah fitur bayar tagihan dan kirim uang. Pembayaran tagihan ini mencakup kebutuhan sehari-hari seperti listrik, gas, tagihan telepon, pembelian pulsa.

Sementara pengiriman uang yang dimaksud adalah transfer ke sesama pengguna DANA melalui akun virtual, ke rekening bank, serta dapat digunakan untuk mengirimkan uang lewat aplikasi pesan WhatsApp serta LINE. Selain kedua fitur tersebut, penggunaan DANA untuk pembelanjaan lewat e-niaga juga menyumbang kontribusi yang cukup besar, apalagi mengingat DANA kini tersedia di tiga e-niaga favorit pengguna.

Komitmen DANA ke pengguna platform sangat tinggi termasuk di masa pandemi, hal itu diwujudkan dengan hadirnya fitur DANA home shopping atau layanan pesan dari rumah. Fitur layanan pesan kini tersedia di beberapa merchant yang menyediakan pengantaran ke rumah oleh jasa kurir yang dimiliki merchant ataupun hanya untuk layanan bawa pulang (takeaway) di lokasi-lokasi merchant yang berpartisipasi dalam layanan ini. Fitur ini juga memungkinkan konsumen melakukan pemesanan barang melalui aplikasi DANA yang akan terhubung langsung dengan WhatsApp milik merchant.

Tentunya dana senantiasa menghadirkan banyak kemudahan sesuai dengan pilar DANA. DANA menawarkan berbagai manfaat dan kemudahan bagi pengguna, terutama yang erat kaitannya dengan transaksi digital. Lewat ketiga pilarnya, DANA menawarkan tiga hal berikut, yakni pertama trusted di mana DANA menerapkan teknologi untuk menjamin keamanan, kenyaman, dan kelancaran bertransaksi para pengguna, di antaranya dengan menerapkan risk engine/fraud detection engine berbasis artificial intelligence dalam menganalisa setiap transaksi yang dilakukan pengguna. Tak hanya itu saja, DANA juga mengembangkan dana protection untuk memberikan proteksi 100% kepada para penggunanya sesuai syarat & ketentuan yang berlaku.



Kedua, friendly di mana DANA mudah dan nyaman digunakan dan dilengkapi berbagai fitur yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia. Dan, ketiga accessible, DANA dapat digunakan oleh siapa pun, baik pengguna biasa hingga bisnis dengan berbagai skala, mulai dari UMKM , mitra nasional hingga global, dan e-commerce.

Vince Iswara memaparkan, DANA berbeda dengan dompet digital lainnya. DANA selalu mengedepankan teknologi. Untuk itu, DANA menjadi perusahaan teknologi Indonesia yang menyediakan solusi di bidang finansial.
DANA Dompet Digital Multifungsi, Dukung Seluruh Ekosistem Ekonomi Indonesia

“Guna membangun kepercayaan masyarakat, kami terus mengembangkan teknologi dan kapabilitas dompet digital DANA agar makin bisa diandalkan untuk mendukung setiap kegiatan transaksi penggunanya secara mudah, praktis, nyaman, dan aman. DANA memberikan jaminan proteksi 100% kepada para pengguna dompet digitalnya. Inilah salah satu keunggulan DANA yang membedakannya dari dompet digital lain,” ujarnya.

Saat ini, online merchant DANA kini mencapai hingga lebih dari 1.900 mitra, di luar online merchants pihaknya juga bermitra dengan offline merchants. Fokusnya beragam mulai dari makanan hingga kebutuhan sehari-hari. “Kami berusaha untuk menjangkau berbagai industri karena pengguna DANA pun tak kalah beragam,” terangnya.

Di Sulsel, pelaku UMKM yang berada di daerah Makassar banyak yang telah mendaftarkan usahanya melalui DANA Bisnis.



Vince Iswara mengungkapkan, ada banyak inovasi yang DANA hadirkan agar selalu menjadi pilihan utama. Untuk keamanan misalnya, DANA memiliki fitur face login yang mampu meningkatkan proteksi bagi penggunanya. Dengan fitur ini, pengguna tak perlu khawatir untuk gagal melakukan login akibat lupa PIN.

Atau yang paling kritikal, bisa menghindarkan dari kemungkinan pengambilalihan akun DANA akibat informasi tentang PIN pengguna diketahui oleh pihak lain yang tidak bertanggungjawab.

“Inovasi lain juga dihadirkan dengan bermunculannya banyak fitur dan produk baru seperti DANA delivery untuk memudahkan pengantaran produk yang sifatnya contactless, DANA biller untuk memudahkan pengguna melakukan pembayaran di e-niaga favoritnya, dan banyak lagi. Kunci utama dari seluruh inovasi yang dihadirkan DANA adalah berkesusaian dengan kebutuhan pengguna agar selalu tepat guna dan bermanfaat,” pungkasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2646 seconds (0.1#10.140)