Kwong....! Stasiun Manggarai Bakal Jadi Stasiun Pusat Kereta Api

loading...
Kwong....! Stasiun Manggarai Bakal Jadi Stasiun Pusat Kereta Api
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan kerja ke Stasiun LRT Dukuh Atas untuk mengecek progress pembangunan LRT Jabodebek . Dalam kunjungan itu, Budi mengatakan Stasiun Manggarai akan menjadi pusat stasiun kereta api di Jabodetabek.

Makanya, dia meminta kepada seluruh stakeholder untuk mempercepat pengembangan stasiun tersebut. "Kami ke Stasiun Manggarai, dan kami lihat progress berjalan dengan baik, tapi memang saya minta ada beberapa percepatan. Manggarai akan jadi pusat stasiun kereta api (KA) di Jabodetabek," ujar Budi, Minggu (29/11/2020). ( Baca juga:Menhub Tinjau Kapal Canggih Basarnas untuk Antisipasi Dampak La Nina )

Budi mengatakan, semua jurusan KRL dari seluruh jurusan di Jabodetabek akan bersinggungan di Stasiun Manggarai. Kereta api jarak jauh (KAJJ) yang menuju luar Jakarta akan melalui jalur Manggarai. "Hanya beberapa saja yang di Senen dan Gambir," katanya.

Pihak Kemengub juga tengah mempersiapkan jalur mandiri untuk tiap jurusan. Hal ini untuk mencegah penumpukan jalur di titik singgungan tertentu.



"Juga kereta bandara kita siapkan stasiunnya, sehingga antara Depok line, Bekasi line, enggak numpuk di suatu tempat tapi memiliki line sendiri-sendiri. Kita harap akhir 2022 akan selesai semua," ujarnya. ( Baca juga:Napak Tilas Kritik Susi atas Ekspor Benih Lobster: Minta Agama Lindungi Plasma Nutfah )

Menhub Budi meminta seluruh stakeholder untuk menyelesaikan permasalahan yang masih mengganggu pengembangan stasiun ini. "Saya minta KAI dan kontraktor untuk selesaikan masalah tanah, percepatan pembangunan dan koordinas dengan stakeholder yang ada terutama berkaitan dengan antar-moda di Jakarta, apakah antara KAJJ dan KRL juga dengan Transjakarta," kata dia
(uka)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top