Bisa Tembus Level 6.000 di Akhir Tahun, IHSG Menuju Fase Skenario Terbaik

Kamis, 03 Desember 2020 - 13:14 WIB
loading...
Bisa Tembus Level 6.000 di Akhir Tahun, IHSG Menuju Fase Skenario Terbaik
IHSG sedang menuju fase skenario terbaik, dimana sentimen positif datang dari momen window dressing. Foto/SINDO Photo
A A A
JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diprediksi bisa menembus ke level 6.000 pada akhir tahun 2020, dimana menurut Economist PT Panin Sekuritas Hosianna Evalita Situmorang mengatakan, saat ini IHSG sedang menuju fase skenario terbaik. Sentimen positif datang dari momen window dressing, yakni strategi yang digunakan manajer investasi dan juga perusahaan untuk mempercantik tampilan portofolio/performa laporan keuangan untuk menarik investor.

"Ini sebenarnya realistis bisa tercapai di akhir tahun karena kalau kita lihat Desember 2020 ini adalah momen dari window dressing," ujarnya dalam Market Opening IDX Channel, Kamis (3/12/2020).

(Baca Juga: Desember Ada Window Dressing, IHSG Diprediksi Akan terus Rally )

Adapun support bursa saham diperkirakan berada pada level 5.730. "Kemungkinan akan turun ke kisaran sekitar 5.730. Jadi bisa koreksi 1% persen lebih. Tapi sebenarnya koreksi sehat supaya pergerakan ke depan bisa lebih bagus lagi dan memungkinkan untuk melakukan rally," imbuhnya.

Hosianna melanjutkan, sentimen positif juga berasal dari global di mana Inggris menjadi negara pertama yang memberikan restu penggunaan darurat vaksin Covid-19 Pfizer/BioNTech untuk digunakan oleh masyarakat luas. Keberadaan vaksin memberikan optimistme serta mengurangi ketidakpastian akibat pandemi yang berkepanjangan.

(Baca Juga: IHSG Berpeluang Tembus Benteng 6.000, Siapa Takut! )

"Sentimen positif masih berlanjut salah satunya masih jelasnya penggunaan vaksin. Terutama Inggris sudah mengizinkan penggunaan vaksin walaupun untuk keadaan darurat. Jadi kalau kita lihat akan cenderung memberikan sentimen positif ke pasar domestik," tuturnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2131 seconds (0.1#10.140)