Beli Emas Online Bikin Investasi Lebih Bergairah

Sabtu, 05 Desember 2020 - 11:15 WIB
loading...
Beli Emas Online Bikin Investasi Lebih Bergairah
Emas masih menjadi instrumen investasi cukup menarik, selain properti dan saham. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Emas masih menjadi instrumen investasi cukup menarik, selain properti dan saham. Nilai yang terus naik dan minim risiko kerugian menjadikan investasi ini ampuh melawan laju inflasi.

Sifat emas yang fleksibel membuatnya mudah untuk diuangkan ketika keadaan mendesak. Melihat kemudahan ini, tidak heran jika banyak aplikasi online yang menawarkan kemudahan dalam membeli emas. Sebut saja BukaEmas di Bukalapak, aplikasi e-Mas, Gold Gram, dan lain sebagainya. Ada pula yang menawarkan pembelian emas mencicil rutin setiap bulan seperti yang disediakan Pegadaian atau bank-bank Syariah. Apalagi, pembayarannya pun bisa melalui online. (Baca: Layanan Emas Pegadaian Digital Kini Dapat Diakses Leat Shopee)

Sejatinya membeli emas melalui aplikasi online itu memiliki beberapa keuntungan. Hal ini dibenarkan pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Eko Listiyanto. Menurutnya, salah satu yang ditawarkan dari aplikasi pembelian emas online adalah harga yang murah. Sebab, emas yang dijual tidak langsung dicetak dalam bentuk fisik seperti membelinya langsung di galeri emas. Bila pembeli hendak mencetak emas tersebut, ada biaya lagi dari sejumlah emas yang dibeli.

"Membeli emas melalui online memungkinkan seseorang berinvestasi emas dengan modal yang lebih terjangkau. Pembelian di bawah 1 gram pun dilayani," tambah Eko.

Selain itu, platform emas online banyak menawarkan harga yang terbilang murah. Ada yang harganya berfluktuasi mengikuti pergerakan harga emas dunia, ada juga yang sudah dipatok pada harga tertentu yang berlaku selama setahun.

Contohnya, untuk platform emas online yang disediakan PT Aneka Tambang Tbk, yaitu melalui produk Barnkas LM (logam mulia), dipatok Rp961.000 per gram per 4 Desember 2020. Sedangkan Gold Gram mematok harga beli Rp850.000 per gram. Semua harga itu di luar biaya cetak. (Baca juga: Masih rawan Covid-19, Belajar Tatap Muka Diminta Setelah Vaksinasi)

Namun, jika Anda berniat membeli emas secara online sebaiknya pastikan untuk memilih platform emas online yang memiliki tingkat keamanan ketat, sehingga sulit ditembus oleh peretas yang tidak bertanggung jawab. Misalnya, pilih platform yang memiliki verifikasi berlapis untuk konfirmasi transaksi beli ataupun jual.

Contohnya, terdapat notifikasi transaksi melalui SMS (short message service) dan email. Ada juga keharusan untuk memasukkan PIN atau kode aktivasi, dan sebagainya.

Pengamat keamanan siber Alfons Tanujaya menjelaskan, membeli emas secara online memang salah satu bentuk kemajuan teknologi. Namun, sebelum membeli pastikan dahulu penjual atau penyedia layanan yang terpercaya dan sudah terdaftar.

"Prinsipnya kalau mau membeli emas online, cari vendor yang berpengalaman dan sudah dipercaya. Contohnya, belanja di Tokopedia dengan toko online lain yang namanya tidak terkenal kan lebih aman di Tokped," katanya. (Baca juga: Saat Pandemi, Cek Kesehatan Bisa Dilakukan dari Rumah)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)