Menko Airlangga Sebut Omzet UMKM Anjlok 30 Persen

Selasa, 15 Desember 2020 - 11:42 WIB
loading...
Menko Airlangga Sebut Omzet UMKM Anjlok 30 Persen
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah menyatakan bahwa omzet sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mengalami penurunan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan, penurunan keuntungan UMKM bisa mencapai 30%.

Situasi tak menyenangkan itu disebabkan oleh pandemi Covid-19 yang membuat para pelaku UMKM mengalami kesulitan. Mulai dari mendapatkan bahan baku hingga permodalan.

( Baca juga:Vaksin Sinovac Tunggu Izin BPOM, Kapan Mulai Disuntikan? )

"Masalah utama UMKM saat pandemi adalah kesulitan bahan baku, sulitnya permodalan, produksi terhambat, penjualan dan permintaan turun. Covid- 19 memiliki dampak besar ke UMKM," kata Airlangga dalam video virtual, Selasa (15/12/2020).

Oleh karena itu digitalissi UMKM harus perlu didorong dan juga harus mengedepankan prioritas kesehatan. Serta kolaborasi antara stakeholder akademisi dan media menjadi sangat strategis dalam menerapkan digitalisasi.

( Baca juga:Postingan Amien Rais yang Dihapus Instagram Dinilai Wakili Sebagian Umat )

"Langkah-langkah itu mempercepat daya saing UMKM. Jadi harus bertransformasi dari online ke offline,"katanya.

Dia menambahkan, pemerintah sudah memberikan fasilitas kredit pada sektor UMKM. Adapun, realisasi penyaluran kredit terkait UMKM telah mencapai Rp192,74 triliun atau 68,6% dari total penyaluran.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)