Terungkap! Toko Online 93% Dibanjiri Barang Impor

Kamis, 17 Desember 2020 - 18:55 WIB
loading...
Terungkap! Toko Online 93% Dibanjiri Barang Impor
FOTO/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengungkapkan saat ini bahwa industri e-commerce sangat berkembang di Indonesia. Akan tetapi kondisi ini belum diikuti dengan banyaknya partisipasi produk dari UMKM di platform perdagangan online.

“Kami lihat baru sekitar 6% hingga 7% barang yang dijual di marketplace berasal dari UMKM dan produsen lokal. Dan selebihnya merupakan barang impor," ujar dia dalam acara pertumbuhan ekspor Shopee di 2020, Kamis (17/12/2020).



Maka itu, lanjut dia pemerintah akan terus berupaya memfasilitasi UMKM untuk bisa memanfaatkan platform e-commerce. Menurut dia, e-commerce bisa menjadi alternatif pemasaran dan juga sarana mengakses pasar global. "Jadi kami meminta partisipasi pelaku e-commerce dalam kemudahan UMKM mengakses pasar online. Apalagi di tengah pandemi Covid-19," ungkap dia.



Pihaknya juga saat ini sedang meningkatkan kinerja UMKM khususnya ke pasar global. Pasalnya, kinerja UMKM tersebut bisa berdampak besar terhadap peningkatan perekonomian negara. “Kami (pemerintah) dan pelaku usaha akan mengembangkan dan mendorong UMKM go global. Hal ini untuk segera bangkit dari keterpurukan pasca pandemi Covid-19," tandas dia.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2278 seconds (0.1#10.140)