Terungkap, Drakor dan K-pop Muluskan Perjanjian IK-CEPA

Jum'at, 18 Desember 2020 - 16:05 WIB
loading...
Terungkap, Drakor dan K-pop Muluskan Perjanjian IK-CEPA
Ketertarikan budaya antara Korea Selatan dan Indonesia turut memperlancar perjanjian dagang IK-CEPA. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto mengungkapkan bahwa keberhasilan penandatangan perjanjian Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) antara lain dipengaruhi ketertarikan budaya dari kedua negara. Ketertarikan budaya tersebut mempercepat komunikasi perjanjian kerja sama antara kedua negara.

(Baca Juga: Ada IK-CEPA, Transaksi Dagang dengan Korsel Ditarget Rp280 T di 2021)

"Salah satu faktor kedekatan Indonesia dan Korea Selatan adalah melalui jalinan budaya korea yang dibawa oleh K-pop dan drama Korea (drakor) serta variety show yang dikemas dengan menarik," Kata Agus dalam konferensi persnya, Jumat (18/12/2020).

Agus menjelaskan, dalam menjalin hubungan bisnis antarnegara, budaya memang menjadi faktor penting untuk mempermudah komunikasi. "Perjanjian ini diselesaikan kedua negara dalam waktu yang relatif cukup cepat, hanya melalui 3 putaran negosiasi," Jelasnya.

Sekadar informasi, perjanjian IK-CEPA mencakup perdagangan barang yang meliputi elemen penurunan atau penghapusan tarif, ketentuan asal barang, prosedur kepabeanan, fasilitas perdagangan, perdagangan jasa, investasi jasa, kerja sama ekonomi, serta pengaturan kelembagaan.

(Baca Juga: Sah, Indonesia dan Korea Selatan Saling Tip-ex Pos Tarif Perdagangan)

Beberapa produk Indonesia yang tarifnya dieliminasi oleh Korea Selatan adalah bahan baku minyak pelumas, stearic acid, pakaian, blackboard, buah-buahan kering, dan rumput laut. Lalu, Indonesia akan mengeliminasi tarif untuk beberapa produk Korea Selatan, seperti gear box of vehicle, ball bearings, paving, hearth, unglazed.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)