Gandeng China, Luhut Kebut Pemulihan Ekonomi Pariwisata RI

Sabtu, 19 Desember 2020 - 12:08 WIB
loading...
Gandeng China, Luhut Kebut Pemulihan Ekonomi Pariwisata RI
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan berbincang dengan Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo. Foto/Dok Kemenko Marves
A A A
JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) telah menggelar acara Indonesia-China Tourism and Investment Forum di The Kaldera, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, akhir pekan ini.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pertemuan antar kedua negara merupakan sebuah bukti adanya keseriusan kerja sama antara Indonesia dan China untuk memulihkan perekonomian nasional, terutama pada sektor pariwisata.

"Indonesia dan China memiliki hubungan persahabatan yang baik. Akhirnya, kedua negara ini mampu menciptakan berbagai kolaborasi dan kerja sama di berbagai sektor. Salah satunya adalah untuk memulihkan perekonomian kita di bidang pariwisata," ujar dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (19/12/2020).

( )

Pemerintah kini sedang fokus dalam membangun lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), yaitu Danau Toba, Labuan Bajo, Borobudur, Mandalika, dan Likupang dalam kerangka pariwisata berkualitas.

Dia menjelaskan untuk mencapai konsep pariwisata yang berkualitas secara optimal, pembangunan 5 DPSP akan melibatkan kolaborasi dengan berbagai pihak, contohnya China sebagai salah satu negara sahabat Indonesia.

Secara virtual, Wakil Menteri Kebudayaan dan Pariwisata China Zhang Xu mengungkapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Indonesia, karena kesediaannya untuk terus membangun kolaborasi demi memulihkan kondisi perekonomian di masa pandemi Covid-19.

( )

"Kami berterima kasih atas persahabatan yang baik dengan Indonesia. Pihak China sepakat untuk terus melakukan kolaborasi internasional guna penanganan dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19, mempromosikan kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan bilateral kedua negara, terutama dalam mendukung pariwisata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya melalui saluran video conference.

Turut hadir bersama Menko Luhut secara langsung dalam acara tersebut, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo dan Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian yang hadir untuk melihat salah satu dari 5 DPSP, yaitu Danau Toba.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0946 seconds (0.1#10.140)