Cek Kesiapan SPKLU, PLN Tes Geber Mobil Listrik Jakarta-Bali

Sabtu, 26 Desember 2020 - 08:01 WIB
loading...
Cek Kesiapan SPKLU, PLN Tes Geber Mobil Listrik Jakarta-Bali
PLN ingin memastikan penggunaan kendaraan listrik jarak jauh rute Jakarta-Bali sudah nyaman bagi pengguna dengan ketersediaan SPKLU di sepanjang rute tersebut. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT PLN (Persero) menegaskan komitmen dalam mendorong ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) , dengan menggelar uji coba kendaraan listrik dengan rute perjalanan dari Jakarta sampai ke Pulau Dewata, Bali.

"Saya ingin mencoba menggunakan kendaraan listrik ini menuju Bali karena PLN sudah menyiapkan infrastruktur seperti SPKLU (stasiun pengisian kendaraan listrik umum)," ungkap Komisaris PLN Dudy Purwagandi dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/12/2020).

(Baca Juga: PLN Tambah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Tol Surabaya-Jakarta)

Titik awal keberangkatan dimulai dari Kantor PLN Pusat, Jakarta, Jumat (25/12) lalu. Dudy mengatakan, dari literatur dan informasi yang ada, penggunaan kendaraan listrik di dalam kota sangat efisien. "Jadi sekarang saya ingin mencoba rute jarak jauh," ucapnya.

Melalui uji coba itu, jelas Dudy, dirinya ingin memberikan input terkait titik-titik lokasi SPKLU kedepannya, sehingga memberikan kemudahaan bagi pengguna kendaraan listrik. "Dari sisi biaya, kendaraan listrik menawarkan biaya yang lebih murah dibandingkan kendaraan berbahan bakar minyak saat ini," imbuhnya.

Dudy juga berharap melalui percobaan ini kedepannya dapat berbagi pengalaman dengan rekan lain yang masih memiliki kekhawatiran dan pertanyaan terkait kendaraan listrik, sekaligus memberikan masukan bagi perusahaan apabila ada yang perlu diperbaiki.

Sebelumnya PLN telah meresmikan penambahan 4 Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), yaitu SPKLU Rest Area Km 207 A Palikanci, SPKLU Rest Area 379 Batang, dan SPKLU Rest Area Km 519 A/B Sragen.

(Baca Juga: Masa Depan Cerah Kendaraan Listrik)

PLN berkomitmen untuk membangun hingga 2.400 SPKLU sampai tahun 2025 mendatang. Penyediaan infrastruktur itu dalam rangka dukungan bagi ekosistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dan kenyamanan penggunanya.

"PLN akan terus mendukung implementasi Perpres No 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai untuk Transportasi Jalan," tandas Dudy.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2022 seconds (0.1#10.140)